Jakarta, Internationalmedia.id.-Kampanye nasional Belanja di Indonesia Aja (BINA) kembali hadir dengan gebrakan besar. BINA Lebaran 2025 telah resmi dimulai dengan menghadirkan diskon spektakuler hingga 70% di lebih dari 400 pusat perbelanjaan di seluruh Indonesia.
Program ini menjadi momentum emas bagi masyarakat untuk menikmati belanja hemat sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. BINA Lebaran 2025 berlangsung mulai 14 hingga 30 Maret 2025.
Pembukaan yang berlangsung di Lippo Mall Nusantara, Jakarta, oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, ia didampingi oleh Menteri Perdagangan, Budi Santoso; Menteri Pariwisata, Widiyanti Putri Wardhana.
Kemudian, jajaran kementerian terkait, serta Ketua Umum HIPPINDO, Budihardjo Iduansjah, Ketua Umum APPBI, Alphonzus Widjaja; Ketua Umum APRINDO, Solichin, Pimpinan Lippo Mall Nusantara, serta para pelaku industri ritel nasional.
Ketua Umum HIPPINDO, Budihardjo Iduansjah, menyampaikan bahwa momentum Lebaran merupakan pendorong utama bagi industri ritel, di mana sebagian besar peritel mencatat lonjakan transaksi yang signifikan.
Bulan Ramadan dan Lebaran adalah periode krusial bagi sektor ritel, dengan kontribusi mencapai 40% dari total pendapatan tahunan bagi banyak peritel. BINA Lebaran 2025 hadir bukan sekadar sebagai program diskon, tetapi sebagai katalis yang memperkuat konsumsi domestik dan memperluas dampak ekonomi secara nyata, kata Budihardjo Iduansjah, dalam keterangan tertulis yang diterima Rabu(19/3).
HIPPINDO mencatat saat ini terdapat 380 perusahaan ritel dan penyewa dengan lebih dari 80.000 gerai dan 800 merek, serta 402 pusat perbelanjaan di 24 provinsi di Indonesia yang siap mendukung program ini baik brand lokal dan global dengan berbagai kategori seperti fesyen, elektronik, kebutuhan harian, makanan dan minuman, serta produk gaya hidup lainnya.
Adanya dukungan dari Lazada Indonesia, sebagai salah satu platform e-commerce terkemuka, menurut Budihardjo akan memperluas jangkauan program ini dan semakin memperkuat strategi omnichannel dalam mendukung program nasional gerakan Belanja di Indonesia Aja (BINA). Karena mengintegrasikan ekosistem belanja online dan offline, sebagai solusi yang efektif bagi pelaku usaha agar dapat menjangkau lebih banyak konsumen.
Melalui kolaborasi dengan berbagai pihak dan penerapan teknologi yang inovatif, Lazada Indonesia menjadi mitra strategis dalam mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia yang lebih inklusif dan berkelanjutan.
Program ini tidak hanya menguntungkan konsumen, tetapi juga mendukung keberlangsungan bisnis lokal, mulai dari pemasok, produsen, hingga tenaga kerja di sektor ritel. Yang istimewa, BINA Lebaran 2025 menjadi ajang di mana UKM, brand lokal, dan brand global bersatu padu serta berkolaborasi untuk berkontribusi terhadap perdagangan dalam negeri dan pertumbuhan ekonomi nasional.
Dengan menghadirkan beragam kategori produk-mulai dari fesyen, elektronik, kebutuhan rumah tangga, hingga kuliner, kami ingin memastikan bahwa masyarakat mendapatkan pengalaman belanja terbaik dengan manfaat yang langsung dirasakan oleh industri dan ekosistem bisnis lokal.
“Ini adalah bukti nyata bahwa belanja di dalam negeri tidak hanya menguntungkan masyarakat, tetapi juga memperkuat industri nasional secara keseluruhan,Kami mngapresiasi dukungan LAZADA" pungkas Budihardjo. (RBS)