Bandung.Internationalmedia.id.-KAI mencatat antusiasme masyarakat yang luar biasa dalam memanfaatkan transportasi kereta api selama libur panjang Imlek dan Isra’ Mi’raj. Pada periode 24 Januari hingga 3 Februari 2025, KAI menyediakan total kapasitas 1.302.967 tempat duduk untuk KA jarak jauh.
Tingkat okupansi kereta api jarak jauh telah mencapai angka sangat baik. Pantauan hingga 27 Januari Pukul 07.00 WIB, pada hari ini 27 Januari 2025 sudah ada 131.583 penumpang memesan tiket atau 102% dari kapasitas yang tempat duduk tersedia yaitu 128.969.
Tingginya okupansi ini terjadi karena adanya penumpang dinamis yang naik dan turun di stasiun antara pada berbagai stasiun sepanjang perjalanan, ungkap Vice President Public Relations KAI Anne Purba, petang ini.
Untuk mengakomodasi lonjakan penumpang, KAI telah mengoperasikan kereta tambahan di berbagai rute populer. Berikut adalah daftar kereta tambahan yang disiapkan selama libur panjang:
1. KA Argo Parahyangan Tambahan (7045B) relasi Bandung-Gambir
2. KA Argo Parahyangan Tambahan (7046A) relasi Gambir-Bandung
3. KA Sembrani Tambahan (7009A) relasi Surabaya Pasar Turi-Gambir
4. KA Sembrani Tambahan (7010A) relasi Gambir-Surabaya Pasar Turi
5. KA Tambahan Bandung-Solo Balapan (7022C) relasi Bandung-Solo Balapan
6. KA Tambahan Bandung-Solo Balapan (7024D) relasi Bandung-Solo Balapan
7. KA Tambahan Gambir-Solo Balapan (7016B) relasi Gambir-Solo Balapan
8. KA Tambahan Gambir-Yogyakarta (7002B) relasi Gambir-Yogyakarta
9. KA Tambahan Gambir-Yogyakarta (7004B) relasi Gambir-Yogyakarta
10. KA Tambahan Lempuyangan-Pasarsenen (10907) relasi Lempuyangan-Pasarsenen
11. KA Tambahan Pasarsenen-Lempuyangan (10908) relasi Pasarsenen-Lempuyangan
12. KA Tambahan Solo Balapan-Bandung (7021D) relasi Solo Balapan-Bandung
13. KA Tambahan Solo Balapan-Bandung (7023C) relasi Solo Balapan-Bandung
14. KA Tambahan Solo Balapan-Gambir (7015B) relasi Solo Balapan-Gambir
15. KA Tambahan Yogyakarta-Gambir (7001B) relasi Yogyakarta-Gambir
16. KA Tambahan Yogyakarta-Gambir (7003B) relasi Yogyakarta-Gambir
Libur panjang ini diprediksi menjadi momen yang dimanfaatkan banyak masyarakat untuk bepergian bersama keluarga. Untuk itu, KAI mengimbau pelanggan segera memesan tiket melalui aplikasi Access by KAI, situs resmi KAI, atau mitra penjualan resmi agar mendapatkan jadwal keberangkatan sesuai kebutuhan.
“Kami ingin memastikan setiap pelanggan dapat menikmati perjalanan yang menyenangkan bersama kereta api. Oleh karena itu, kami mengimbau masyarakat mempersiapkan perjalanan jauh-jauh hari, memperhatikan waktu keberangkatan dan datang ke stasiun lebih awal yaitu 1 jam sebelum jadwal keberangkatan,” tambah Anne.
KAI juga mengingatkan pelanggan untuk memastikan dokumen perjalanan sesuai ketentuan, seperti membawa kartu identitas yang tertera pada tiket. Selain itu, pelanggan disarankan memanfaatkan fitur online check-in melalui aplikasi Access by KAI ataupun face recognition untuk menghindari antrean panjang di stasiun.
KAI berkomitmen memberikan pelayanan terbaik selama periode libur panjang ini. Seluruh fasilitas stasiun dan kereta telah dipersiapkan, termasuk penguatan layanan customer service dan penambahan petugas untuk membantu pelanggan di lapangan.
“Kami terus berupaya memberikan pelayanan terbaik dan memastikan perjalanan libur panjang kali ini menjadi momen yang menyenangkan untuk pelanggan. Mari kita bersama-sama menciptakan suasana perjalanan yang aman, nyaman, dan menyenangkan bagi semua,” tutup Anne.
Untuk informasi lebih lanjut, pelanggan dapat menghubungi Contact Center KAI melalui telepon 121, WhatsApp di 08111-2111-121, email cs@kai.id, atau melalui media sosial @KAI121. (rel)