Notification

×

Iklan

Iklan

Bidik Transaksi Rp 22 Triliun, BINA Diskon 2024 Resmi Diluncurkan

Sabtu, 21 Desember 2024 | 07:37 WIB Last Updated 2024-12-21T00:37:26Z
Prosesi Peluncuran BINA Discount

Jakarta.Internationalmedia.id.-Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto meluncurkan Program BINA Diskon 2024, di Gedung Sarinah, Jakarta Pusat, Jumat (20 /12).

Airlangga didampingi Wakil Menteri Perdagangan, Dyah Roro Esti; Wakil Menteri Koperasi dan UKM, Helvi Moraza; Wakil Menteri Pariwisata, Ni Luh Puspa; Wakil Ketua Umum HIPPINDO/Direktur Utama PT Sarinah, Fetty Kwartati; dan Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI), Alphonzus Widjaja.

BINA Diskon 2024 akan berlangsung 20-29 Desember 2024, program ini diinisiasi Kemenko Perekonomian bersama Himpunan Peritel & Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) dan Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI), didukung sejumlah kementrian diantaranya Kementrian Perdagangan, Kementrian Pariwisata, Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM).

Kementerian Dalam Negeri, Kementerian BUMN, Kementerian Komunikasi dan Digital, serta didukung oleh berbagai pihak, termasuk POLRI, APPBI, APRINDO, dan Bank Himbara (Mandiri,BNI, dan BRI). 

Sebanyak 380 perusahaan, 80 ribu gerai, 800 merek global, lokal, maupun UMKM dan digelar di 396 pusat perbelanjaan di 24 provinsi, menyemarakan BINA Discount 2024.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, menyampaikan apresiasi tinggi terhadap pelaksanaan Program BINA tidak hanya meningkatkan daya beli masyarakat menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) tetapi juga berkontribusi pada penghematan devisa dengan mendorong konsumsi produk dalam negeri. 

Menko Airlangga saat meninjau both 

“Diskon besar seperti ini menjadi pendorong kuat bagi konsumen, yang tercermin dari indeks keyakinan konsumen yang tetap tinggi di atas 121,1. Dengan target transaksi sebesar Rp22 triliun dari Program BINA, serta kontribusi dari Harbolnas, kami optimis mampu mencatatkan total transaksi Rp50 triliun pada Desember ini,” ungkap Airlangga.

Program BINA dengan diskon hingga 70%, diharapkan sebagai  salah satu motor penggerak ekonomi, dengan multiplier effect signifikan dari konsumsi masyarakat yang mencapai 55-60% PDB. 

Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Dyah Roro Esti juga berharap kegiatan ini dapat meningkatkan daya beli masyarakat. “Kami berharap bahwa Bina bisa meningkatkan daya beli masyarakat, ini menjadi sangat-sangat penting dan target utama kami khususnya di hari-hari besar menjelang Natal dan Tahun Baru 2025,” tutur Roro. 

Ia juga mengajak masyarakat Indonesia untuk lebih bangga dan peduli memilih produk local sekaligus turut berkontribusi menggerakkan roda perekonomian, menciptakan lapangan kerja, serta menumbuhkan perekonomian nasional.

Budihardjo Iduansjah, Ketua Umum HIPPINDO, menambahkan, program BINA Diskon 2024 bukan hanya sekadar memberikan diskon, tetapi juga menjadi gerakan nasional yang bertujuan untuk mendorong masyarakat untuk Belanja di Indonesia Aja (brand Global, Lokal dan UMKM) dan Berwisata di Indonesia Aja serta menarik turis agar berbelanja dan berwisata di Indonesia. 

Kami percaya bahwa melalui inisiatif ini, Indonesia dapat menjadi destinasi belanja menarik yang tidak hanya meningkatkan trafik domestik, tetapi juga menarik wisatawan internasional, katanya.

Ketua Panitia BINA Diskon 2024 sekaligus Wakil Ketua Umum HIPPINDO, menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas dukungan dan partisipasi berbagai pihak dalam menyukseskan program ini. 

"Kami optimis bahwa kolaborasi besar antara pemerintah, asosiasi, pelaku usaha, dan masyarakat ini dapat memberikan dampak positif yang signifikan, baik untuk industri ritel maupun perekonomian Indonesia," ujar Ketua Panitia.

Ke depan, BINA Diskon akan diperluas dengan program-program menarik seperti BINA Chinese New Year, BINA Lebaran, dan BINA Back To School, yang dirancang untuk memaksimalkan potensi belanja masyarakat sepanjang tahun. 

Bersama Menko Hartarto usai peluncuran BINA Discount 2024

Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI), Alphonzus Widjaja, menyampaikan apresiasi atas kolaborasi pusat perbelanjaan dan peritel, khususnya anggota HIPPINDO dan APRINDO, dalam menyukseskan Program BINA Diskon 2024. 

Program ini menggabungkan berbagai acara lokal, seperti Bali Great Sale, dengan agenda BINA Diskon untuk menciptakan momentum belanja yang lebih masif menjelang Natal dan Tahun Baru. Selain program diskon, pusat perbelanjaan juga menghadirkan beragam acara spesial untuk menyemarakkan suasana. 

“Selamat Berbelanja habis habisan di BINA Discout,” kata Alphonzus Widjaja.(RBS)

×
Berita Terbaru Update