Notification

×

Iklan

Iklan

Ribuan Pelajar Ikuti Kejuaraan Pencak Silat Piala Panglima TNI 2024

Sabtu, 26 Oktober 2024 | 16:09 WIB Last Updated 2024-10-26T09:09:07Z

Bandung,Internationalmedia.id.- Sebanyak 2.002 pelajar mengikuti Kejuaraan Pencak Silat Piala Panglima TNI 2024 yang digelar di Gedung Merampit Sekolah Staf dan Komando (Sesko) TNI Kota Bandung, Jumat (25/10/2024). 

Sekretaris Dinas Pendidikan (Sekdisdik) Jawa Barat (Jabar), Deden Saepul Hidayat hadir pada acara pembukaan yang dibuka oleh Komandan Sesko (Dansesko) TNI, Marsekal Madya TNI Arif Widianto.

Seluruh atlet terbagi dalam lima kategori usia, yakni pra-usia dini (setingkat siswa taman kanak-kanak), dini satu (SD), dini dua (SD), pra-remaha (SMP sederajat), dan remaja (SMA sederajat). Sebanyak empat kategori akan dilombakan di tiap kategori usia, yakni tanding, tunggal, ganda, dan solo kreatif. 

Bentuk Karakter Peserta Didik 

Sekdisdik berharap, turnamen ini mampu membentuk karakter peserta didik. "Tujuannya tentu pendidikan karakter, implementasi dari sikap suportif, kerja sama, saling menghargai, dan juga menjaga kesehatan," tuturnya. 

Sekdisdik pun mengapresiasi seluruh pihak yang telah berkolaborasi untuk mewadahi minat dan bakat pelajar Jabar melalui ajang kompetisi. "Terima kasih kepada Sesko TNI, IPSI Jabar yang telah memfasilitasi anak-anak kita. Mudah-mudahan hasilnya yang terbaik bagi anak-anak kita," harapnya. 

Sedangkan Dansesko TNI menyebut, turnamen ini adalah salah satu rangkaian HUT ke-79 TNI. "Kegiatan ini adalah wujud nyata peran TNI untuk ikut menjaga kelestarian pencak silat sebagai budaya bangsa," ungkapnya. 

Selain itu, pihaknya ingin berkontribusi dalam perkembangan dan pembinaan pencak silat untuk mencari bibit-bibit atlet pencak silat yang nantinya siap berlaga di ajang olimpiade olahraga internasional.(Ter)

×
Berita Terbaru Update