Notification

×

Iklan

Iklan

Kren! 38 Pelajar SD dan SMP se-Kecamatan Balige Ikuti Lomba Pidato Berbahasa Inggris

Senin, 07 Oktober 2024 | 16:04 WIB Last Updated 2024-10-07T09:04:32Z
Juara 1, Regina Maria Nauli Siahaan dari SMP Budhi Dharma Balige

Toba.Internationalmedia.id.- Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Toba menggelar lomba pidato Bahasa Inggris siswa/i tingkat SLTP dan lomba bercerita Bahasa Inggris Tingkat SD se-Kecamatan Balige yang digelar di Gedung Sentra Pemuda, Soposurung, Balige, Senin-Selasa (7-8/10/2024).

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, TH. Sitorus menyatakan, peserta lomba pidato Bahasa Inggris tingkat SLTP diikuti 18 peserta, sementara peserta lomba bercerita Bahasa Inggris diikuti 20 peserta. 

"Lomba ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas siswa di tingkat SD dan SMP khususnya dibidang Bahasa Inggris. Sebab kemampuan berbahasa Inggris, selain sangat dibutuhkan diera globalisasi ini, juga dapat meningkatkan rasa percaya diri para pelajar," katanya. 

Dalam lomba tersebut, juara 1-3 dan juga juara harapan 1-3 untuk tingkat SD dan SMP akan mendapat hadiah berupa piagam dan uang pembinaan. Selain itu, seluruh peserta dapat sertifikat. 

Pjs. Bupati Toba, Agustinus Panjaitan yang hadir saat pengumuman juara dan penyerahan piagam untuk tingkat SLTP menyampaikan bahwa kegiatan tersebut sangat penting dan akan memotivasi anak-anak lebih terbiasa berbahasa Inggris. 

Terlebih saat ini globalisasi tidak dapat dihindari. Maka berbahasa Inggris harus dibiasakan. "Saya sangat bangga, ini perlu dilanjutkan, jangan sekali-sekali tetapi harus berulang kali," katanya. 

Untuk memudahkan pemahaman dalam berbahasa Inggris, Agustinus menyampaikan beberapa tips, salah satunya adalah dengan membiasakan diri berbahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari. 

"Harus pakai terus setiap hari, membiasakan diri berbahasa Inggris setiap hari. Mungkin sebagian orang bilang kita sombong, tetapi ya memang harus dibiasakan," ujarnya. 

Pada kesempatan itu, Pjs. Bupati Toba juga bercerita tentang pengalamannya yang sudah beberapa kali berkunjung ke luar negeri untuk menjalin kerjasama dengan beberapa negara. "Itu bisa lakukan ya karena itu, saya bisa berbahasa Inggris. Jadi manfaatnya sangat banyak, makanya harus terus diasah, dibiasakan," katanya memotivasi para pelajar.

Dari hasil penilaian juri, juara harapan 3 diraih oleh Yakob F. Hutapea dari SMP Negeri 3 Tambunan, juara harapan 2 Ratna Syfa Simamora dari SMP MTSN Balige, juara harapan 3 Cahaya Kirana Lontoh dari SMP Negeri 1 Balige, Juara 3 Jordania Siagian dari SMP Negeri 4 Balige, juara 2 Agatha Ester F. Simanjuntak dari SMP Budhi Darma Balige, juara 1, Regina Maria Nauli Siahaan dari SMP Budhi Dharma Balige. 

Sementara untuk lomba bercerita menggunakan Bahasa Inggris untuk tingkat SD se-Kecamatan Balige akan digelar pada Selasa (8/10/2024). (MC/Ung)

×
Berita Terbaru Update