Notification

×

Iklan

Iklan

Empat Rumah Terbakar di Toba

Selasa, 08 Oktober 2024 | 22:25 WIB Last Updated 2024-10-08T15:25:34Z

Toba.Internationalmedia.id.- Empat unit rumah milik warga terbakar di Jalan Simpang Gop Dusun Satu desa Lumban Pea Timur Kecamatan Balige kabupaten Toba, Selasa (8/10/2024).

Pemilik keempat rumah tersebut, adalah keluarga Faber Tambunan Kepala desa Lumban Pea Timur Kecamatan Balige.
 
Kepala Desa Lumban Pea Timur Faber Tambunan menyatakan, rumah yang terbakar tidak ada satu barang yang bisa diselamatkan masing-masing Janpieter Tambunan/Boru Manurung, Lomo Tambunan/Boru Simanjuntak, Sanggam Tambunan/Boru Sinaga dan Erik Tambunan/Boru Simangunsong.
 
Untuk menghindari api tidak merambat ke rumah warga lainnya, warga dibantu pihak personil pemadam kebakaran dan Personil Sat Pol PP Pemkab Toba terpaksa merusak beberapa dinding dan plafon rumah warga.
 
Dari informasi beberapa warga yang melihat kejadian menyatakan, api pertama diduga berawal dari rumah , Amani Hakim Tambunan (78). Asap dan nyala api mengepul pertama dilihat para karyawan bengkel sekitar pukul 12.00 Wib.
 
Nyala api merambat dengan cepat menghanguskan rumah Amani Hakim Tambunan karena fisik bangunannya terbuat dari bahan material kayu/papan yang sudah kering serta sudah berusia tua. Kemudia merambat ketiga rumah tetangga disebelahnya.
 
Salah satu korban Erik Tambunan menuturkan, api bermula dikarenakan sebelumnya pemilik rumah Amani Hakim Tambunan (78) merokok di dalam kamarnya tepat diatas kasur tempat tidurnya.
 
Dikatakan, kemungkin api rokok Amani Hakim itu tanpa disadarinya terjatuh ke sprei di atas kasur tempat tidurnya. Akibatnya api itu terus menyala membakar isi kasur yang berisikan kapas kapuk dan terus menyala sprei dan kain. 

Beruntung saat peristiwa terjadi pemilik bengkel dekat rumah dan pegawainya berikut ada pengendara sepeda motor yang cepat melihat api menyala dan kemungkinan Amani Hakim itu berupaya dengan ngesot-ngesot ke depan menyelamatkan diri dan minta tolong yang akhirnya di lihat pengendara sepeda motor dan cepat diselamatkan, ujarnya
 
Faber menambahkan, dalam peristiwa kejadian kebakaran yang terjadi atas keempat rumahtersebut tidak ada korban jiwa. Namun seisi rumah hangus terbakar dan tidak ada barang yang bisa diselamatkan, katanya.
 
Ada 2 unit mobil pemadam kebakaran milik Pemkab Toba diturunkan yang dibantu personil dari Sat Pol PP. Api dipadamkan hingga total mati sekira 2 jam.
 
Selanjutnya beberapa puing yang sudah jadi arang berikut atap seng disisihkan, guna mempermudah pihak keluarga para korban kebakaran nantinya untuk mencari berbagai jenis barang barang berharga milik para korban.
 
Untuk mengamankan TKP selanjutnya di Police Line oleh pihak kepolisian untuk menghindari warga lain yang tidak berkompeten masuk kedalam sebelum pihak keluarga melakukan penyisiran dan pembersihan.
 
Dari awal peristiwa kebakaran terjadi hingga api dipadamkan total mati oleh personil Damkar Pemkab Toba, pihak kepolisian Sektor Balige dan Sektor Laguboti jajaran Polres Toba melakukan pengamanan dan penertiban arus lalulintas jalan raya. Karena lokasi TKP persis sangat dekat dengan Jalan raya lintas Sumatera Desa Tambunan Lumban Pea Timur Kecamatan Balige kabupaten Toba.*

×
Berita Terbaru Update