Notification

×

Iklan

Iklan

Batik Nusantara Festival, APPBI Meriahkan di Emporium Pluit Mall

Jumat, 04 Oktober 2024 | 06:32 WIB Last Updated 2024-10-03T23:32:57Z
Mualim Wijoyo, Ellen Hidayat dan Ety Syartika, Plh. Kepala dinas PPKUKM Provinsi DKI Jakarta saat prosesi peresmian

Jakarta.Internationalmedia.id.-Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DPD DKI bekerja sama dengan Emporium Pluit Mall menggelar Prosesi Selebrasi pada, Rabu (2/10/2024), di Atrium Emporium Pluit Mall, Jakarta. Dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional.

Bertemakan "Batik Nusantara Festival", Emporium Pluit Mall selaku tuan rumah mengadakan berbagai kegiatan menarik. Mulai dari pameran koleksi kain batik, fashion show yang diiringi oleh lantunan lagu dari Voice of Indonesia, workshop nusantara, hingga kompetisi fashion show batik antar mall di sekitar DKI Jakarta, event ini digelar Emporium Pluit Mall sejak 27 September 2024 hingga 6 Oktober 2024.  

Ety Syartika, Plh. Kepala dinas PPKUKM Provinsi DKI Jakarta memaparkan bahwa industri batik memilik tantangan dan peluang yang sangat besar. Konsumen ini sangat cerdas dan memiliki preferensi serta nilai estetika yang lebih luas.

"Batik bukan cuma simbol budaya tetapi juga merupakan salah satu unggulan yang memiliki potensi ekonomi yang besar. Batik adalah jendela dunia yang dapat memperkenalkan Indonesia kepada masyarakat luas," ujarnya. 

Sebelumnya, CEO Emporium Pluit Mall Ellen Hidayat mengatakan "Emporium Pluit adalah mall keluarga, jadi kita mengadakan workshop untuk mengenalkan budaya Indonesia kepada anak-anak, khususnya tentang batik. Seperti  mencanting, mewarnai batik, dan lain sebagainya. Jadi, mereka tidak hanya belajar dari buku. 

Salah satu persembahan Fashion

Hal ini kami harapkan dapat menjadi cikal bakal Batik Nusantara Festival bagi para pengelola pusat perbelanjaan agar menjadi mata kegiatan yang terus berkesinambungan," ungkap Ellen Hidayat.

Ketua APPBI DPD DKI Jakarta Mualim Wijoyo, menambahkan  batik merupakan prioritas pengembangan perekonomian karena dinilai mempunyai karakter dan daya saing besar dalam mendongkrak pertumbuhan ekonomi nasional. Bahkan, batik kini pun semakin diminati di pasar global.

" Kini, Pusat perbelanjaan merupakan etalase berkumpulnya keluarga. Karenanya perlu kebersamaan terjalin baik antar pusat belanja di kota Jakarta," papar Mualim Wijoyo. 

Diakhir acara, Ellen Hidayat juga menegaskan bahwa "Acara ini bertujuan untuk mengenalkan kekayaan budaya Indonesia kepada masyarakat luas dan mengangkat eksistensi batik sebagai warisan budaya dunia yang telah diakui UNESCO. Dan, Emporium Pluit Mall merasa bangga menjadi tuan rumah Batik Nusantara Festival 2024," tutup Ellen.*
×
Berita Terbaru Update