Notification

×

Iklan

Iklan

Pertemuan Bilateral Antara Wakil Menlu RI dan Republik Rakyat Demokratik Korea

Kamis, 19 September 2024 | 08:05 WIB Last Updated 2024-09-19T01:05:58Z

Jakarta.Internationalmedia.id.-Republik Indonesia (RI) dan Republik Rakyat Demokratik Korea (RRDK) menegaskan kembali komitmen kedua negara untuk memperkuat hubungan bilateral dan memperluas kerja sama yang saling menguntungkan. 

Hal ini ditekankan dalam pertemuan bilateral antara Wakil Menteri Luar Negeri RI, Pahala Nugraha Mansury, dan Wakil Menteri RRDK, Pak Sang Gil, pada 18 September di Jakarta.

Kunjungan Wakil Menteri RRDK ini merupakan bagian dari rangkaian kunjungan ke empat negara Asia Tenggara: Vietnam, Laos, Thailand, dan Indonesia, di mana Indonesia menjadi negara terakhir dalam kunjungan tersebut.

Dalam pertemuan tersebut, kedua Wakil Menteri mengungkapkan antusiasme mereka untuk merevitalisasi pertukaran delegasi antara kedua negara ke tingkat yang pernah terjadi sebelum pandemi. “Hal ini bertujuan untuk meningkatkan konsultasi bilateral di berbagai bidang, termasuk pertukaran pemuda dan kerja sama pembangunan internasional,” ujar Pahala.

Pertemuan juga menekankan pentingnya perdamaian dan stabilitas di kawasan. Kedua negara menegaskan kembali komitmen mereka untuk memajukan perdamaian dan keamanan yang berkelanjutan di Semenanjung Korea, dengan mendorong partisipasi aktif DPRK dalam dialog melalui platform yang dipimpin oleh ASEAN.

Kunjungan terakhir Wakil Menteri RRDK ke Indonesia dilaksanakan pada tahun 2015, menjadikan kunjungan ini sebagai kunjungan pertama dalam sembilan tahun terakhir. 

Wamenlu Pak Sang Gil menyatakan “Kami menghargai hubungan yang baik dengan Indonesia, yang sudah terbangun sejak masa founding fathers kedua negara". RI-RRDK telah menjalin hubungan baik, sejak tahun 1960-an dengan asas persahabatan antara Presiden Soekarno dan Presiden Kim Il Sung. Kedua negara, sebagai anggota Gerakan Non-Blok, telah memperkuat hubungan diplomatik melalui pembukaan kedutaan di Jakarta dan Pyongyang.(marpa)

×
Berita Terbaru Update