Notification

×

Iklan

Iklan

Pemkab Samosir Susun Naskah Akademik Pemberian Insentif Dan Kemudahan Berinvestasi

Senin, 02 September 2024 | 19:23 WIB Last Updated 2024-09-02T12:23:14Z
Asisten III Arnod Sitorus

Samosir.Internationalmedia.id.-Pemerintah Kabupaten Samosir menggelar Forum Group Discussion (FGD) akhir Penyusunan Naskah Akademik Pemberian Insentif dan Kemudahan Berinvestasi di Aula Kantor Bupati Samosir, 02/09.

Turut hadir, SAB Rudi SM Siahaan, Asisten II Hotraja Sitanggang, perwakilan OPD terkait penyusunan naskah akademik.

FGD dibuka secara resmi oleh Bupati Samosir diwakili  Asisten III Arnod Sitorus. Menghadirkan narasumber wakil dekan bidang penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan kerjasama  Fakultas ekonomi dan bisnis Universitas Sumatera Utara, Paidi.

Penyusunan naskah akademik pemberian insentif dan kemudahan berinvestasi dimaksudkan untuk menciptakan iklim penanaman modal yang kondusif, sehingga para investor tertarik untuk menanamkan modalnya atau berinvestasi. 

Bupati Samosir diwakili Arnod Sitorus mengatakan Iklim Penanaman modal yang kondusif sangat penting karena  merupakan salah satu faktor meningkatkan pertumbuhan ekonomi, yang akan bermuara pada kesejahteraan masyarkat. Pertumbuhan investasi di Kabupaten Samosir hingga tahun 2023, total realisasi investasi sebesar Rp. 1,584 T. 

Hal ini menunjukkan bahwa, sistim penanaman modal sudah kondusif namun perlu regulasi yang mengatur untuk lebih menarik minat para investor. Melalui regulasi semua aspek yang dibutuhkan dapat diakomodasi, diseimbangkan dan diselaraskan yaitu melalui kebijakan pemerintah dalam pemberian insentif dan kemudahan berinvestasi. 
"Dalam menarik minta investor perlu tindakan serta upaya mewujudkan penanaman modal yang kondusif, antara lain dapat diimplementasikan melalui regulasi", katanya.

Sesuai amanat PP Nomor 24 Tahun 2009 tentang pemberian insentif dan kemudahan berinvestasi, Arnod menyampaikan pemerintah daerah dapat memberikan insentif dan/atau kemudahan investasi di daerah kepada masyarakat dan/atau investor sesuai kewenangannya. 

Maka, ia berharap penyusunan naskah akademis untuk dituangkan dalam Perda pemberian insentif dan kemudahan berinvestasi harus berpihak pada masyarakat dan juga investor demi terciptanya iklim usaha yang kondusif yang dapat membuka lapangan kerja.

Narasumber, Wakil dekan bidang penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan kerjasama  Fakultas ekonomi dan bisnis Universitas Sumatera Utara, Paidi menyampaikan Investor akan semakin mudah masuk apabila pemerintah daerah mampu menyakinkan investor dengan iklim investasi yang kondusif. Pemberian insentif dan kemudahan berinvestasi menjadi penting, maka perlu ada Perda yang mengatur serta dokumen peluang investasi. 

Menurut Paidi, Investasi Kabupaten Samosir cukup berdaya saing dan diminati, sehingga pemerintah daerah harus memperlakukan hal yang sama kepada semua investor, baik dari segi pemberian insentif maupun transparansi.

"Semua investor harus mendapat pelayanan yang sama. Akuntabilitas, efektif dan efisien", ungkap Paidi

Dijelaskan, terdapat 14 kriteria dalam pemberian insentif dan kemudahan berinvestasi, selanjutnya dari point tersebut  diturunkan kedalam juknis dalam mendapatkan intensif dan kemudahan.(Ung)
×
Berita Terbaru Update