Notification

×

Iklan

Iklan

Komitmen Lakukan Gerakan Green Commuter, KAI Commuter Buat Lubang Resapan Biopori di Stasiun Rawa Buaya

Jumat, 13 September 2024 | 17:20 WIB Last Updated 2024-09-13T10:20:01Z

Jakarta.Internationalmedia.id.-KAI Commuter melaksanakan rangkaian pembuatan lubang biopori dan penanaman pohon di wilayah operasional KAI Commuter yang tersebar di Jabodetabek, Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya. Terkini, kegiatan yang merupakan bagian dari rangkaian perayaan hari ulang tahun (HUT) KAI Commuter yang ke-16 tahun ini, dilakukan di Stasiun Rawa Buaya, Kamis (12/9).

VP Corporate Secretary,Joni Martinus menjelaskan kegiatan itu juga bagian pilar strategis KAI Commuter. "Pertama, kegiatan green commuter memang salah satu dari pilar perusahaan. Kedua, ini juga menjadi sarana edukasi dan sosialisasi terkait layanan Commuter Line."

Dalam rangkaian kegiatan ini sendiri, akan dibuat 900 lubang biopori dan 700 pohon akan ditanam. Secara seremonial, kegiatan ini dilaksanakan di area Stasiun Rawa Buaya dan turut dihadiri Direktur Operasi dan Pemasaran KAI Commuter Broer Rizal beserta jajaran, serta para penggiat dan influencer lingkungan hidup.

Dikatakan, pembuatan lubang biopori ini berfungsi untuk memperbaiki sistem penyerapan air tanah dan dapat mencegah genangan air serta banjir. “Selain itu, lubang biopori juga berperan dalam meningkatkan kesuburan tanah dan menjaga kualitas lingkungan secara keseluruhan,” tambahnya.

KAI Commuter juga menggandeng siswa-siswi di sekitar Stasiun Rawa Buaya untuk memberikan edukasi sekaligus memperkenalkan Green Commuter, melalui pembuatan lubang biopori sebagai salah satu usaha untuk melestarikan lingkungan.

Selain itu, dalam mendukung program Environmental, Social, and Corporate Governance (ESG) dan gerakan kampanye Green Commuter, KAI Commuter juga telah menyediakan fasilitas Water Station atau dispenser air minum untuk kebutuhan pengguna di area stasiun. Dengan fasilitas ini, pengguna dapat mengisi ulang air seperlunya selama berada di stasiun dengan menggunakan tempat air minum sendiri.

"Kami berharap langkah ini dapat membantu mengurangi sampah plastik yang diketahui memang sulit terurai secara alami. Mencemari air dan tanah, juga membahayakan kesehatan," ujar Joni lebih jauh. "Aksi Green Commuter menjadi salah satu komitmen KAI Commuter untuk proaktif juga menjaga lingkungan." 

Fasilitas dispenser air minum ini gratis dan ditempatkan di titik-titik strategis di stasiun. Untuk sementara, fasilitas Water Station baru tersedia di stasiun-stasiun besar seperti Stasiun Jakarta Kota, Stasiun Juanda, Stasiun Manggarai, Stasiun Tanah Abang, Stasiun Bekasi, Stasiun Rangkasbitung, Stasiun BNI City, Stasiun Yogyakarta serta Stasiun Palur dan akan terus ditambahkan di stasiun-stasiun lainnya.

"Melalui aksi ini juga KAI Commuter ingin memberikan pesan bahwa pelestarian lingkungan harus menjadi prioritas bersama, baik oleh perusahaan maupun masyarakat," katanya lagi. 

Dengan melibatkan berbagai pihak dalam kegiatan Green Commuter ini, PT KAI Commuter juga berharap dapat menginspirasi lebih banyak orang untuk berpartisipasi aktif dalam menjaga kelestarian alam dan mendukung tindakan-tindakan yang berdampak jangka panjang bagi lingkungan.

Sebagai catatan, tahun lalu pun KAI Commuter juga mengadakan kegiatan terkait lingkungan berupa penanaman mangrove di kawasan konservasi hutan bakau Muara Tawar Segarajaya,  Bekasi. Saat itu, terdapat 1.015 bibit mangrove ditanam di area konservasi tersebut. Tahun ini, pengelola Commuter Line itu juga terus berkomitmen untuk melanjutkan kegiatan penghijauan.

“Selain itu, rangkaian kegiatan ini juga merupakan bagian dari Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan dari segi lingkungan yang diharapkan, melalui kegiatan Green Commuter ini, KAI Commuter dapat memberikan manfaat bagi kelestarian lingkungan di sekitar wilayah operasionalnya,” tutup Joni.(rel)

×
Berita Terbaru Update