Notification

×

Iklan

Iklan

Upaya Stabilkan Harga Pasar dan Cegah Inflasi, JITEX 2024 Hadirkan Gerakan Pangan Murah

Minggu, 11 Agustus 2024 | 16:20 WIB Last Updated 2024-08-12T08:37:49Z
Budihardjo Iduansjah(paling kiri), Elizabeth Ratu Rante Allo (4 kanan) Bersama pembeli dalam acara Gerakan Pangan Murah (ft. istimewa)

Jakarta, Internationalmedia.id.-
Jakarta International Invesment, Trade, Tourism and SME Expo (JITEX 2024), pameran pertama yang digagas oleh Pemprov DKI, Bersama HIPPINDO, dengan melibatkan berbagai pihak termasuk UMKM, swasta, BUMD, dan BUMN. Pemerintah dari 34 provinsi juga turut diundang, guna memperkuat jaringan bisnis di seluruh Indonesia.

Selain itu, diselenggarakan business matching yang merupakan gagasan dari Presiden Jokowi agar produk lokal dapat dibeli oleh kementerian dan lembaga. Disela Kegiatan ini juga diadakan pasar pangan murah yang diinisiasi Pemprov DKI dan HIPPINDO didukung oleh Food Station, dan Badan Pangan Nasional. BUMD, serta BUMN.


Kolaborasi dan Sinergi antara Dirut Food Station, PPUPKM, dan HIPPINDO dalam menjaga stabilitas harga pangan di Jakarta terus berjalan dengan baik, termasuk melalui program Hub-Hub pangan yang dijalankan di setiap wilayah. Kolaborasi ini diharapkan juga dapat terus memperkuat langkah-langkah dalam menjaga inflasi di Jakarta.

Gerakan Pangan Murah merupakan salah satu cara ekfektif guna menekan laju inflasi dan menjaga stabilitas harga komoditas dan bahan pokok. Masyarakat dapat membeli kebutuhan sehari-hari dengan harga terjangkau sehingga terjadi perputaran ekonomi yang dapat meningkatkan roda perekonomian.

Sebagaimana kita ketahui, Jakarta adalah kota yang memiliki nilai perdagangan paling besar di Indonesia dan menjadi barometer perekonomian nasional. Oleh karena itu berbagai kegiatan dan program yang mendukung pertumbuhan sektor perdagangan Jakarta menjadi prioritas utama.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Badan Pangan Nasional, Food Stasion, dan para mitra atas dukungannya dalam acara JITEX ini, serta atas sambutan video dari Kepala Badan Pangan Nasional, Bapak Arief Prasetyo Adi. 

JITEX tidak hanya ditujukan bagi para buyer internasional, tetapi juga sebagai kesempatan bagi masyarakat untuk membeli barang dengan harga yang wajar. 

Hal ini diharapkan dapat membantu menekan inflasi di Jakarta.” Kata Ketua Umum Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Belanja Indonesia (HIPPINDO), Budihardjo Iduansjah saat memberikan sambutan dalam Peluncuran Gerakan Pangan Murah dalam acara JITEX di JCC Senayan, Sabtu(10/08).

HIPPINDO juga mengapresiasi Kadis PPKUKM Pemprov. DKI Jakarta yang telah memfasilitasi acara ini. HIPPINDO sebagai sektor ritel berkomitmen untuk selalu berada di garis depan dalam memberikan manfaat bagi konsumen di Jakarta, mewujudkan sukses Jakarta untuk Indonesia.

Kami berharap acara ini menjadi tujuan bagi warga dari luar Jakarta untuk membeli sembako sambil menikmati wisata di ibu kota. Seperti yang disampaikan oleh Pemprov. DKI Jakarta, produk-produk lokal kita mampu diekspor dengan nilai yang luar biasa, mencapai Rp 12,7 triliun dalam transaksi B2B. Kami berharap bazar yang diselenggarakan hari ini dapat mendorong peningkatan penjualan dalam negeri, khususnya di Jakarta.

Deputi Bidang Ketersediaan dan Stabilisasi Pangan Badan Pangan Nasional, I GustiKetut Astawa menyampaikan, “Badan Pangan Nasional berkolaborasi menjaga inflasi di Jakarta yang semakin menurun. Ini adalah hasil kerja sama kita semua, karena Jakarta tidak bisa berdiri sendiri, begitu juga bumi tidak bisa berjalan sendiri. Kolaborasi adalah kunci, dan kita harus bekerja Bersama,”.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah
Provinsi DKI Jakarta, Elisabeth Ratu Rante Allo menambahkan, “JITEX 2024 telah memasuki hari keempat, menunjukkan Jakarta sebagai ibu kota sekaligus kota perdagangan dan bisnis yang berperan sebagai barometer nasional. 

“Kegiatan pasar pangan murah yang diadakan hari ini didukung penuh oleh Badan Pangan Nasional, Food Station dan HIPPINDO, sehingga harga yang ditawarkan adalah harga yang wajar.” Imbuh Elizabeth Ratu Rante Allo.

Pantauan internationalmedia.id, acara ini antusias dikunjungi masyarakat, dan para pebisnis juga melakukan bisis matching serta mendengar berbagai paparan. Sementara produk UKM daerah juga diserbu pengunjung baik untuk membeli maupun mengajak Kerjasama. (RBS)

×
Berita Terbaru Update