Notification

×

Iklan

Iklan

Kapolda DIY Hadiri Upacara Hari Juang Polri di Surabaya

Kamis, 22 Agustus 2024 | 09:11 WIB Last Updated 2024-08-22T02:11:14Z
Kapolda DIY, Irjen Pol Suwondo Nainggolan(kedua dari kiri)

Jakarta.Internationalmedia.id.-Kapolda DIY, Irjen Pol Suwondo Nainggolan, hadiri Upacara Hari Juang Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) di Monumen Perjuangan Polri, Jalan  Polisi Istimewa, Surabaya, Jawa Timur, Rabu (21/8) .

Kapolri Jenderal Pol Drs. Listyo Sigit Prabowo, memimpin langsung upacara yang baru pertama kali dilaksanakan dan dihadiri oleh Pejabat Utama Mabes Polri serta para tamu undangan.

Dalam upacara tersebut, Kapolri membacakan teks Proklamasi Polisi yang dahulu kala dibacakan oleh Komandan Polisi Istimewa Surabaya Inspektur Kelas I Muhammad Jasin.

"Untuk bersatu dengan rakjat dalam perdjoeangan mempertankan Proklamasi 17 Agoestoes 1945, dengan ini menjatakan polisi sebagai Polisi Repoeblik Indonesia," ucap Kapolri membacakan isi Proklamasi Polisi.

Upacara Hari Juang Polri diakhiri dengan drama kolosal perjuangan Polri dalam mempertahankan kemerdekaan RI yang diawali momentum bersejarah pembacaan teks Proklamasi Polisi yang berimplikasi dengan pergerakan perlawanan melawan penjajah di beberapa daerah Hingga terjadi peristiwa 10 November.

Peringatan Hari Juang Polri sendiri bedasarkan Keputusan Kapolri Nomor: KEP/95/I/2024 tanggal 22 Januari 2024 tentang Hari Juang Kepolisian Negara Republik Indonesia dengan penggagasnya yakni Komjen Pol (Purn.) Arif Wachyunadi yang telah melakukan penelitian sejak 14 tahun yang lalu.tom

×
Berita Terbaru Update