Notification

×

Iklan

Iklan

Program Rutilahu, 495 Unit Rumah di Cimahi Bakal Diperbaiki Tahun 2024

Rabu, 17 Juli 2024 | 20:29 WIB Last Updated 2024-07-17T13:29:26Z

Cimahi.Internationalmedia.id.-Pemerintah Kota Cimahi menggelar sosialisasi pelaksanaan perbaikan rumah tidak layak huni (rutilahu) tahun anggaran 2024. Sosialisasi dilakukan agar masyarakat memahami mekanisme teknis pelaksanaan program perbaikan rutilahu di Kota Cimahi.

Kegiatan sosialisasi digelar di aula gedung Cimahi Techno Park Jalan Baros Kota Cimahi. Masyarakat penerima manfaat dari 3 kecamatan se-Kota Cimahi hadir dalam kegiatan tersebut.

Pj. Walikota Cimahi Dicky Saromi mengatakan, kawasan kumuh menjadi salah satu masalah yang masih ada di Kota Cimahi. "Pemerintah Kota Cimahi terus berkomitmen dalam meningkatkan kualitas kawasan pemukiman di Kota Cimahi melalui program penanganan kawasan kumuh dan rutilahu," ujarnya. 

Dicky mengungkapkan, hingga saat ini masih terdapat sekitar 154 hektar kawasan kumuh yang masih belum tertangani.

"Sekitar 154 hektar kawasan kumuh belum tertangani, untuk itu Pemkot Cimahi melalui APBD mengalokasikan anggaran untuk memperbaiki 395 unit rutilahu," katanya.

Perbaikan rutilahu di Kota Cimahi juga mendapat bantuan dari Pemprov. Jabar sebanyak 100 unit. "Ditambah dengan bantuan dari APBD Provinsi Jawa Barat untuk 100 unit rumah, sehingga total ada 495 unit rumah yang akan diperbaiki pada tahun 2024," jelasnya.

Dalam pelaksanaan program rutilahu, terdapat tiga kriteria yang harus dipenuhi untuk memastikan rumah menjadi layak huni, yakni kemanan, kesehatan, dan jaminan sosial.

Setiap rumah yang dibangun atau diperbaiki terjamin keamanan dan kesehatannya meliputi ventilasi udara dan sanitasi yang sehat. Lalu jaminan sosial yang dimana rumah harus memiliki ruang yang cukup untuk berinteraksi, seperti ruang tamu dan kamar yang memadai. 

Rumah yang mendapatkan bantuan rutilahu harus mengikuti kriteria ini untuk memastikan bahwa perbaikan yang dilakukan benar-benar meningkatkan kualitas hidup penghuninya, tuturnya.

Pihaknya berharap masyarakat terlibat aktif dalam proses perbaikan rutilahu. Dengan demikian, bantuan tersebut tepat sasaran dan sesuai kebutuhan masyarakat agar rumah bisa kembali layak huni.(rel)

×
Berita Terbaru Update