Notification

×

Iklan

Iklan

KRL Juga Masuk Salon, Begini Proses Pencucian KRL Setiap Harinya

Jumat, 12 Juli 2024 | 18:24 WIB Last Updated 2024-07-12T11:24:29Z

Jakata. Internationaledia.id.-Kebersihan Commuter Line merupakan salah satu aspek yang penting dalam memberikan kenyamanan kepada pengguna. Seperti sarana kereta api lainnya, Commuter Line juga selalu rutin dicuci agar tetap bersih dan nyaman digunakan oleh pengguna.

Namun,  dari sisi proses pencucian, Commuter Line Jabodetabek dan Commuter Line Yogyakarta-Palur merupakan Kereta api Rel Listrik (KRL) berbeda dengan sarana kereta api lainnya.

Pencucian Commuter Line KRL dilakukan setiap hari dan secara berkala saat KRL sedang stabling (di jalur parkir) pada malam hari sebelum jam perjalanan operasionalnya. 

Tidak hanya mencakup pembersihan eksterior, tetapi juga pembersihan interior, termasuk lantai dan kursi serta bagian-bagian lainnya yang ada di dalam KRL.  

VP Corporate Secretary KAI Commuter, Joni Martinus menerangkan, rata-rata terdapat 880 kereta yang dicuci setiap harinya. Adapun bagian yang dicuci meliputi interior dan eksterior yang dikerjakan oleh 13 sampai 14 tenaga profesional di tiap timnya, disesuaikan dengan jumlah kereta dalam satu rangkaian. 

"Pencucian sarana KRL ini dilakukan pada Depo KRL dan Stabling Commuter Line yang ada di stasiun-stasiun. Dengan menjaga kebersihan sarana KRL, KAI Commuter berusaha memberikan kenyamanan para penggunanya dalam melakukan perjalanan menggunakan Commuter Line KRL," tambahnya.

Tentunya para petugas cuci kereta ini sudah dibekali dengan pelatihan dan pengetahuan agar tidak terjadi konsleting arus listik pada sarana KRL yang kemungkinan akan terjadi. Para petugas juga dibekali dengan peralatan kerja, bahan pembersih, dan pengawasan yang sesuai dengan standar kerja tentunya.

Untuk menjaga kebersihan KRL, KAI Commuter melakukan beberapa macam jenis cuci kereta, mulai dari cuci harian, cuci besar dan cuci salonisasi. Pada cuci harian, layanan ini dikerjakan setiap malam hari dengan waktu durasi pekerjaan sekitar 45 menit per rangkaian oleh satu tim. 

Cuci harian ini dilakukan dengan pembersihan interior dan eksterior badan KRL yang dilakukan di 3 Depo KRL (Depo Depok, Depo Bogor dan Depo Bukit Duri) serta di 8 tempat stabling KRL (Stasiun Bekasi, Cikarang, Parungpanjang, Serpong, Rangkasbitung, Tanah Abang, Jakarta Kota dan Stasiun Tangerang).  

Pest Control atau penyemprotan cairan untuk menghilangkan hama dan serangga juga secara rutin dilakukan di seluruh rangkaian KRL setiap minggunya. Untuk proses cuci besar, setiap bulannya KAI Commuter juga rutin melakukannya pada seluruh rangkaian KRL yang beroperasi oleh tim di seluruh Depo KRL dengan durasi pekerjaan sekitar 3-4 jam per rangkaian KRL. 

Selain cuci harian, pada proses cuci besar ini juga dilakukan pemolesan lantai KRL dengan mesin poles untuk menjaga kebersihan dan keawetan lantai kereta.

Setiap bulannya, KAI Commuter juga secara khusus melakukan cuci bogie atau cuci yang dilakukan pada bagian rangka tempat dudukan roda KRL. Proses cuci bogie ini dilakukan secara berbarengan dengan perawatan bulanan sarana KRL yang dilakukan di Depo KRL. Seperti kendaraan darat lainnya, sarana KRL juga dilakukan cuci salonisasi dengan treatment atau perawatan khusus. 

Pada proses tersebut dilakukan perawatan kebersihan secara rutin tiap tahunnya dengan melakukan pemolesan pada interior dan eksterior KRL dengan cairan pembersih khusus untuk perawatannya. Pada cuci salonisasi ini, petugas akan secara lebih detail melakukan perawatan kebersihannya, dan membutuhkan waktu selama 1 -2 jam pada setiap keretanya.  

Joni juga menyatakan bahwa pada proses pencucian KRL ini menggunakan air yang berasal dari tanah sumur bor dengan dilakukan proses filterisasi. Di samping, juga secara berkala dilakukan pengujian/uji laboratorium kualitas air guna memastikan air bersih dan higienis sesuai dengan ketentuan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 2 Tahun 2023 tentang Kesehatan Lingkungan.

“Agar tidak memberikan dampak yang tidak baik bagi lingkungan, KAI Commuter juga mengutamakan bahan-bahan pembersih dengan menggunakan bahan chemical pembersihan yang aman dan ramah lingkungan serta dilengkapi dengan Material Safety Data Sheet (MSDS) atau lembar data bahan kimia agar tidak merusak lingkungan.” imbuhnya

Bahan chemical pembersih yang digunakan dalam pencucian KRL untuk bagian interior antara lain menggunakan pembersih lantai, pembersih kaca, pembersih debu dan cairan pemoles serta pengharum ruangan. 

Sedangkan untuk bagian eksterior menggunakan cairan pembersih dengan tingkat keasaman tidak kurang dan lebih pH 6-8 yang dipastikan tidak merusak material KRL serta masuk dalam kategori bahan pembersih ramah lingkungan. 

KAI Commuter juga secara rutin melakukan uji lab terhadap tanah di area Depo dan tempat stabling KRL sebagai lokasi pencucian KRL. Uji coba lab ini untuk memastikan kualitas dan kelayakan tanah dari dampak proses pencucian sarana KRL tersebut.
 
Usai pencucian pada kereta, sebelum kereta digunakan tentunya terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan kebersihan dan hasil pekerjaan oleh pengawas Pekerjaan kebersihan dengan menggunakan form/checklist penilaian yang telah ditetapkan oleh perusahaan.

Joni mengatakan proses cuci KRL ini tidak hanya sekadar rutinitas, tetapi juga sebagai upaya untuk menjaga standar kebersihan dan kenyamanan dalam layanan Commuter Line serta perhatian terhadap lingkungan sekitar tempat pencucian KRL. 

"Dengan komitmen peningkatan layanan dalam hal kebersihan sarana KRL ini, KAI Commuter selalu ingin lebih baik dalam melayani para penggunanya,” tutup Joni.(rel)

×
Berita Terbaru Update