Notification

×

Iklan

Iklan

Bupati Samosir Tanam Bawang Bersama Kelompok Tani Dosniroha

Senin, 22 Juli 2024 | 18:55 WIB Last Updated 2024-07-22T11:55:06Z
Bupati Samosir, Vandiko T Gultom menanam bawang merah bersama petani

Samosir.Internationalmedia.id.-Bupati Samosir Vandiko T. Gultom melakukan penanaman bawang merah bersama Kelompok Tani Dosniroha Desa Sitoluhuta-Pangururan, Senin,(22/07/2024).

Turut juga menanam Kadis Ketapang dan Pertanian Tumiur Gultom, Camat Pangururan Robintang Naibaho, Kades Sitoluhuta Idris Sitanggang dan kelompok tani Dosniroha. 

Bersumber dari APBD, Bupati Samosir membantu bibit bawang merah varietas  tajuk kepada kelompok tani Dosniroha sebanyak  500 kg yang akan ditanam pada lahan seluas 15 rante. 

Dengan ketersediaan sumber air yang dekat dan pendampingan tenaga penyuluh diharapkan akan menghasilkan panen sampai 5 ton. Selain bibit, Pemkab Samosir juga menyediakan pupuk organic untuk kebutuhan tanaman bawang.

Bupati Samosir Vandiko T. Gultom yang terlihat dekat dengan mengaku bahagia berada ditengah masyarakat, bisa bersama-sama menanam bawang, duduk bersama dan akrab dengan petani. 

"Saya merasa berbahagia hadir disini dan sudah kewajiban kami hadir ditengah masyarakat. Masyarakat menginginkan kehadiran pemerintah dan kami hadir untuk berguna ditengah masyarakat" kata Vandiko 

Vandiko berharap bantuan yang diberikan dapat dimanfaatkan dengan baik, untuk peningkatan perekonomian petani. Kelompok tani dihimbau mengikuti anjuran pemerintah melalui pendampingan yang akan dilakukan penyuluh pertanian. Bersinergi satu sama lain, mulai dari desa bersama dengan masyarakat untuk melaksanakan apa yang diprogramkan pemerintah demi kemakmuran masyarakat Samosir .

"Pupuk sudah diberikan bibit sudah diberikan, sumber air dekat , tolong ditanam sebaik mungkin. Agar maksimal akan didampingi penyuluh.  Tolong dimanfaat dengan baik agar keberadaan kami betul-betul dirasakan masyarakat" ucap Vandiko menghimbau petani. 

Diakhir bincang-bincang dengan petani, Bupati Samosir menitip pesan agar bibit dibagi rata dan sesama anggota kelompok untuk saling tolong-menolong dan bergotong royong serta tidak membakar lahan demi menjaga kesuburan tanah dan menjaga kondisi pariwisata Samosir yang semakin menggeliat. 

"Setelah selesai panen tolong agar lahan jangan dibakar, apalagi Samosir masuk dalam kawasan pariwisata terfavorit di Sumut , orang dari nasional dan luar negeri datang melihat alam dan budaya kita. Pariwisata dan pertanian saling ketergantungan kalau membakar lahan akan menyebabkan citra negatif kepada pariwisata" tegas Vandiko menutup
 
Ketua Kelompok Tani Dosniroha, Arnol Hujogo Sitanggang mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan, Ia mengharapkan lebih banyak bantuan untuk melanjutkan kehidupan para petani

Sementara itu, untuk mendukung petani, Kepala Desa Sitoluhuta, Idris Sitanggang mengatakan dari anggaran desa sudah terpasang pipa pada 3 titik lahan dan selanjutnya akan memanfaatkan air dari danau toba guna pengairan pertanian. 

Kendati demikian ia berharap Bupati Samosir tetap memberikan perhatian baik berupa bibit maupun alsintan, dan juga perhatian untuk melanjutkan pembangunan kantor desa "Kiranya pak Bupati membantu tetap masyarakat berupa bibit dan alat pertanian. Mudah-mudahan dengan hadirnya pak Bupati akan membawa banyak bantuan" kata Idris.

Kadis Ketapang dan Pertanian Tumiur Gultom menjelaskan, untuk mengembalikan kejayaan bawang Samosir, Pemkab. Samosir telah melakukan berbagai upaya yaitu dengan menjalin kepada  provinsi Sumatera, dan sudah menghasilkan kelompok penangkar bawang merah di Desa Sitoluhuta dan juga pembangunan bangsal. 

"Di Desa Sitoluhuta sudah ada Kelompok penangkar bawang merah yaitu kelompok tani cahaya tani, anggaran dari APBD Sumut,  semua atas berkat sinergitas Pemkab Samosir dengan dinas tanaman pangan dan hortikultura , hal ini untuk mengembalikan kejayaan bawang di Kabupaten Samosir" kata Tumiur.(Ung)

×
Berita Terbaru Update