Notification

×

Iklan

Iklan

Petani Desa di Toba Dapat Bantuan Ketahanan Pangan

Sabtu, 22 Juni 2024 | 15:42 WIB Last Updated 2024-06-22T08:42:31Z
Bupati Toba, Poltak Sitorus bersama bantuan pangan

Toba.Internationalmedia.id.-Bupati Toba, Poltak Sitorus berharap warga desa, khususnya petani semakin bergiat bertani .Bantuan bibit jagung untuk ketahanan pangan yang diberikan pemerintah hendaknya dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

"Ini program pemerintah untuk ketahanan pangan.Presiden Joko Widodo meminta agar kita waspada dengan perubahan iklim dunia yang berdampak membawa ancaman kelaparan di seluruh dunia pada tahun 2025," kata Poltak Sitorus dalam bimbingan dan arahannya saat pemberian bantuan bibit jagung dan racun tikus kepada 220 KK penerima manfaat di Desa Lumban Huala, Kecamatan Parmaksian, Kabupaten Toba,Jumat (21/6/2024).

Bupati Poltak Sitorus juga berharap warga tetap menggalakkan budaya gotong royong, misalnya untuk berburu hama tikus sawah.

Kemudian warga diajak untuk mengaplikasikan etos kerja HIPAS yang merupakan  singkatan dari Hibas (cekatan bersemangat) Padot (rajin) dan  Togos (kuat pantang menyerah.

Pada bagian akhir arahannya, diakui masih ada berbagai kekurangan Pemerintahan Kabupaten Toba dalam masa pimpinannya yang tergolong singkat hanya 3,5 tahun saja - dipotong 1,5 tahun untuk Pemilihan Kepala Daerah serentak . Itupun dalam masa singkat itu 2 tahun mengalami masa pandemi Covid -19.

Atas keadaan itu ada prinsip perbaikan terus menerus atau yang kerap disebut  dalam Bahasa Batak sebagai "Pature Torus Torus Pature"oleh Bupati Toba, Poltak Sitorus.

Sebelumnya Kades  Lumban Huala Tagor Manurung melaporkan kondisi sawah di desa ini adalah  tadah hujan yang sesudah panen  ditanami jagung dan tanaman palawija.

Kemudian  program ketahanan pangan pemberian  bibit jagung dan racun tikus tersebut bersumber dari 20% Dana  Desa   TA 2024.

"Racun tikus telah dibagikan sebelumnya .Karena masalah hama ini  selalu ada penundaan 2 Minggu setiap musim tanam karena hama tikus . Namun serangan hama tikus telah dapat dikendalikan termasuk cara manual berburu tikus . Kemudian ada Rehab saluran irigasi Pangan Lombu  yang saat ini tengah dikerjakan.

Mewakili masyarakat ,Padiman Manurung menyampaikan terima kasih atas kehadiran dan perhatian pemerintah khususnya Bupati Poltak Sitorus yang merupakan satu-satunya pemimpin daerah ini yang sudah beberapa kali bertatap muka dan berdiskusi dengan masyarakat Desa Lumban Huala.

Turut hadir Camat Parmaksian Ronald Sirait , Staf Ahli Sahat Manullang, Plt.Kadis Pertanian Jonni Hutajulu, Kadis Ketahanan Pangan Darwin Sianipar,dan lainnya.(MC/Ung)

×
Berita Terbaru Update