Notification

×

Iklan

Iklan

Bupati Toba Salurkan BLT dan Bantuan Ketahanan Pangan Dana Desa Sirungkungon

Kamis, 13 Juni 2024 | 17:01 WIB Last Updated 2024-06-13T10:01:05Z
Bupati Toba, Poltak Sitorus saat menyerahkan BLT

Toba.Internationalmedia.id.-Setelah melalui perjalanan via Danau Toba selama 20 menit menggunakan speedboat dari Pelabuhan Ajibata, Bupati Toba Poltak Sitorus didampingi Camat Ajibata Alek Wajon Sirait dan sejumlah pimpinan OPD akhirnya tiba di Desa Sirungkungon, Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba.Kehadiran Bupati Toba berserta rombongan disambut tarian tortor oleh para Lansia. 

Kehadiran Poltak Sitorus di Desa Sirungkungon untuk penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) tahap 2 untuk bulan April-Mei-Juni dan juga penyaluran Bantuan Ketahanan Pangan serta peresmian 1 unit speedboat yang dibeli oleh Pemerintah Desa dari Dana Desa Tahun Anggaran 2024.

Adapun penerima Bantuan Langsung Tunai tahap 2 berjumlah 41 KK dengan nilai sebesar Rp 900.000/KK. Sementara untuk Bantuan Ketahanan Pangan terdapat dua program, yakni bibit jagung hibrida pioner 32 dan juga bibit ternak ayam. 

Dalam laporan keuangan yang dibacakan oleh perwakilan pemerintah desa, penerima bibit jagung hibrida pioner 32 sebanyak 54 KK dengan rincian 5 Kg/KK. Adapun total anggaran yang dikucurkan sebesar Rp 87.800.000. 

Sementara penerima bibit ternak ayam sebanyak 80 KK dengan rincian 10 ekor/KK, total anggaran yang dikucurkan Rp 79.200.000. Sementara 1 unit speedboat yang dibeli oleh pemerintah desa senilai Rp 150.860.750.

"Saat ini BLT Rp 900 ribu rupiah. Apakah itu semua untuk beli beras? Tidak. Alangkah bagusnya sebagian itu bisa disisihkan untuk beli bibit jagung supaya nanti hasilnya bisa terus bertambah-tambah," kata Bupati Toba, Poltak Sitorus dalam arahan dan sambutannya. 
"Semoga Desa Sirungkungon menjadi desa wisata dan desa yang diberkati Tuhan," lanjutnya. 

Poltak Sitorus juga berharap agar speedboat yang dibeli dapat memudahkan akses masyarakat, terutama dalam hal-hal yang urgent terutama soal kesehatan. "Dapat mendukung kemudahan pelayanan masyarakat akan kebutuhan layanan kesehatan," kata Bupati. 

Usai menyerahkan bantuan dan peresmian speedboat, Poltak Sitorus juga memberikan hadiah bagi anak-anak yang berprestasi di desa itu. (MC/Ung)

×
Berita Terbaru Update