Bandung.Internationalmedia.id.-Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung menginisiasi kegiatan Bandung Week Market 2024 di Beachwalk Shopping Center, Bali, 7-12 Mei 2024.
Kegiatan ini merupakan bentuk konkrit promosi produk-produk pelaku usaha Kota Bandung dalam skala nasional. Program ini diimplimentasikan dalam bentuk pameran dagang dengan melibatkan pelaku usaha Kota Bandung sebagai peserta.
“Kami memiliki inovasi bagaimana mempromosikan dan meningkatkan daya saing pelaku usaha melalui Bandung Week Market,” ujar Pelaksana Tugas Kepala Disdagin Kota Bandung, Ronny Ahmad Nurudin kepada Humas Kota Bandung Senin 6 Mei 2024.
“Kami ingin pelaku usaha Kota Bandung memiliki potensi ekspor, bukan hanya skala lokal, melainkan nasional,” sambungnya.
Pada gelaran kali ini, Bandung Week Market menghadirkan 20 pelaku usaha dari Kota Bandung dengan berbagai kategori produk meliputi produk fesyen, aksesoris, kuliner (makanan dan minuman dalam kemasan) dan "home decor product".
Sebagai informasi, Bandung Week Market 2024 adalah edisi kelima. Kegaiatan ini pertama kali digelar pada 2020, sebagai upaya mempromosikan produk lokal Kota Bandung di masa pandemi Covid-19.
Dari edisi ke edisi, Bandung Week Market selalu menghadirkan produk lokal berkualitas dari Kota Bandung. Tak hanya itu, omzet yang didapat dari kegiatan ini pun tercatat selalu luar biasa. Misalnya pada 2023, sekitar Rp1,4 miliar omzet berhasil diraih lewat gelaran ini.
Ronny optimis, pada Bandung Week Market 2024, omzet yang diraih dapat melewati capaian tahun lalu. Apalagi pada edisi kali ini, Bandung Week Market digelar di masa libur panjang akhir pekan.
“Hotel dan penginapan di Bali sudah banyak yang full-booked. Dan kami berharap hadirnya Bandung Week Market ini dapat menjaring konsumen dari wisatawan yang menginap tersebut,” ujar Ronny.
Tak hanya mempromosikan produk usaha lokal, pada Bandung Week Market 2024, Ronny menyebut sebagian potensi Kota Bandung juga akan dipamerkan sehingga dapat dilihat oleh wisatawan dari luar Kota Bandung.
“Kami berkolaborasi dengan Dekranasda Kota Bandung didukung oleh beberapa OPD: Diskominfo, Disbudpar, Diskop UKM, Bagian Ekonomi. Harapannya, kami dapat mengekspos produk-produk khas Kota Bandung. Kami juga berharap potensi lainnya di Kota Bandung dapat dipromosikan di acara ini,” pungkas Ronny. (rel)