Notification

×

Iklan

Iklan

Anggota DPRD Jabar Selesai Masa Bakti 2024 Tidak Lagi Menerima Pin Emas

Kamis, 21 September 2023 | 08:43 WIB Last Updated 2023-09-21T02:08:38Z
Kabag Umum Sekretariat DPRD Jabar Dr H Dodi Sukmayana SE, MM

Bandung.Internationalmedia.id.-Pada Tahun Anggaran 2024, Sekretariat DPRD Provinsi Jawa Barat tidak lagi menyiapkan PIN Emas bagi anggota dewan yang telah menyelesaikan masa bakti periode 2019-2024.

Pertimbangannya masalah kepatutan dan kewajaran, dan memang kita sudah koordinasi dan kebanyakan anggota dewan juga lebih peka. Tidak ada gantinya pin seperti biasa saja. Tahun 2019 lalu itu 7,5 gram kali 100 orang.

Sedangkan pelantikan anggota DPRD Jabar periode 2024-2029 akan dilakukan pada bulan September 2024 di Gedung Merdeka Jalan Asia Afrika Bandung.

Kabag Umum Sekretariat DPRD Jabar Dr H Dodi Sukmayana SE, MM mengatakan hal tersebut, dalam suatu wawancaranya dengan wartawan, Jumat 18 September 2023.

Dijelaskan, tugas pokok dan fungsi (tusi) bagian umum di Sekretariat DPRD Jabar sifatnya penunjang. Prioritas bagian umum pada tahun politik, ada masa setelah pencoblosan 14 Februari 2023.

"Tusi bagian umum sifatnya penunjang. Prioritas bagian umum yang kita antisipasi adalah tahun setelah pemilu, otomatiskan, terutama bagian umum," katanya.

Karena pada masa itu, Bagian Umum harus melakukan penataan dan penyesuaian ruang fraksi.

"Kita lihat komposisinya nanti, siapa dan berapa orang, kita petakan itu, karena nantikan pasti berubah," ungkapnya.

Komposisi anggota Dewan untuk periode 2024-2029 baru akan diketahui Sekretariat DPRD Jabar, sekitar bulan Maret dan April 2024, katanya.

Walau periode 2024-2029 nanti tidak ada penambahan jumlah anggota dewan, namun komposisi anggota dewan per fraksi pasti akan berubah. 

Terlebih pada tahun politik itu, partai politik yang mengikuti pemilihan anggota legislatif bertambah.

"Pasti akan ada penambahan fraksi, dan komposisi jumlah anggota dewan per fraksi, untuk ruang kerja mereka juga kan harus disekat-sekat juga," terangnya.

Untuk tata letak ruang kerja, juga akan menerapkan pola lady first."Untuk wanita, harus dekat ke kamar mandi," ungkapnya.

"Buletin juga akan dihidupkan kembali," tambahnya.

Selain itu, Dodi yang juga berprofesi sebagai dosen di Universitas Winaya Mukti (Unwim) juga mengatakan, pelantikan anggota dewan yang baru, nantinya akan dilaksanakan di Gedung Merdeka Jalan Asia Afrika Bandung.

Sekretariat DPRD Jabar juga siapkan dua hotel, Savoy Homan untuk anggota dewan baru dan Preanger untuk anggota dewan lama.

"Agar pada momen pelantikan itu, para anggota dewan bisa jalan kaki ke Gedung Merdeka," terangnya.

Yang berbeda pada momen itu, anggota DPRD Jabar yang mengakhiri masa baktinya tidak disiapkan PIN Emas sebagaimana kebiasaan, pada momen-momen sebelumnya.

"Tahun ini kita tidak siapkan PIN Emas," tambahnya.

Pada momen pelantikan itu, juga akan ada kilas balik tentang hal hal apa yang telah dilaksanakan anggota dewan periode sebelumnya, dan yang belum dilakukan apa.

"Jadi anggota DPRD Jabar yang baru itu akan tahu apa hasil dari DPRD periode sebelumnya, apa yang sudah tuntas dan apa yang belum tuntas," katanya.

"Jadi minimal, ada potret DPRD 2019-2024. Berupa buku atau apa," tambahnya. (Ter)

×
Berita Terbaru Update