Notification

×

Iklan

Iklan

DPRD Minta Gubernur Jawa Barat Turun Tangan Atasi Kebakaran TPA Sarimukti

Rabu, 23 Agustus 2023 | 11:23 WIB Last Updated 2023-08-23T04:23:08Z
Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, Daddy Rohanady 

Bandung.Internationalmedia.id.- Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, Daddy Rohanady meminta Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil turun tangan memimpin penyelesaian masalah kebakaran Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) sampah Sarimukti, Kabupaten Bandung Barat.

Gubernur juga diminta mengkoordinasikan seluruh Daerah dan mengundang Dinas Pemadam Kebakaran, Dinas Lingkungan Hidup (DLH), BPBD di masing-masing daerah serta dari pusat di antaranya Basarnas, KLHK, Kemen PUPR.

Dalam keterangan tertulis yang diterima Internationalmedia.id, siang ini, Daddy Rohanady dari Fraksi Gerindra ini menyebutkan bahwa permintaannya ini juga merupakan suara masyarakat sekitar TPA Sarimukti.

Dikatakan, bencana di TPA Sarimukti skalanya sudah nasional, karena berdampak regional yakni wilayah Bandung Raya yang merupakan PKN (Pusat Kegiatan Nasional), tambahnya.

Diketahui, kondisi kebakaran yang melanda TPA Sarimukti sendiri terus meluas karena banyak sampah plastik yang mudah terbakar dan tertiup angin kencang. Kebakaran yang terjadi sejak Sabtu (19/8/2023), namun hingga Selasa (22/8/2023) kobaran api masih terlihat di titik kebakaran dan asap putih kehitaman membumbung tinggi hingga masuk ke permukiman warga.

Sebelumnya terjadi laporan pada Selasa tgl 22 Agustus 2023 sekira pukul 19.30 WIB perihal kebakaran TPA sampah Sarimukti Desa Sarimukti Kecamatan Cipatat Kabupaten Bandung Barat.


Dalam laporan tersebut, berdasar hasil asessment yang berada di lapangan mengenai terjadi kebakaran TPA Sarimukti terjadi pada tgl 19 Agustus 2023 pukul 23.00 WIB. 


Dampak yang ditimbulkan membumbungnya asap tebal di sekitar lokasi TPA juga meluas ke wilayah desa sekitar yaitu Desa Sarimukti, Desa Mandala Sari, dan Desa Rajamandala. Namun, yang sangat terkena dampak asap adalah Desa Sarimukti kurang lebih 3000 KK dengan 12.000 jiwa.(Ter)

×
Berita Terbaru Update