Notification

×

Iklan

Iklan

Hasil Survey Kepuasan Masyarakat, Bagian Umum Setwan Jabar Baik Raih 3,8 Poin

Rabu, 26 Juli 2023 | 11:14 WIB Last Updated 2023-07-26T04:14:44Z
Kepala Bagian Umum Sekretariat DPRD Jawa Barat Dr. H. Dodi Sukmayana, SE, MM. Foto: Internationalmedia.id

Bandung.Internationalmedia.id.- Kepala Bagian Umum Sekretariat DPRD Jawa Barat Dr. H. Dodi Sukmayana, SE, MM menyatakan, hasil survey kepuasan masyarakat di Survey SKM Jabar Terintegrasi menyatakan  Bagian Umum Sekretariat DPRD Jawa Barat, baik meraih nilai angka 3,8 poin dari indeks 4. 

Sedangkan Sekretariat DPRD Jawa Barat secara keseluruhan meraih indeks 3,6, kata Dodi dalam suatu percakapan dengan Internationalmedia.id di ruang kerjanya pecan lalu.

Parameter SKM ini dipergunakan atau disediakan, untuk mengetahui peningkatan kualitas pelayanan publik dan mengetahui kinerja pelayanan aparatur pemerintah kepada masyarakat.

Pemerintah Provinsi Jawa Barat menyediakan Survei Kepuasan Masyarakat atau dikenal SKM Jabar Terintegrasi.

Masyarakat dapat memberikan penilaian terhadap kualitas layanan publik yang diberikan para pegawai di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat dengan mengakses SKM Jabar Terintegrasi melalui link website https://skm.jabarprov.go.id/.

Dikatakan, kualitas pegawai akan kelihatan saat dilakukan survey kepuasan masyarakat.


Dalam meningkatkan pelayanan kepada DPRD Jawa Barat, Dodi menjelaskan, ketika melakukan sesuatu, Bagian Umum selalu menjelaskan secara rinci apa yang akan dilakukan kepada dewan.

“Misalnya, ada pengadaan pakaian dinas, kita pasti datang ke para pimpinan Fraksi. Kita akan ada pengadaan pakaian dinas ini, ini bentuknya, ini bahannya. Setelah oke, baru kita lakukan,” ungkap Dodi.

Untuk menjaga kualitas layanan kepada dewan, Bagian Umum juga selalu mengantisipasi keluhan yang terjadi. 

“Saat monitoring di Bagian Umum, terjadi sesuatu hal-hal yang perlu kita tindaklanjuti, diperbaiki. Jadi potensi-potensi keluhan setiap unit, baik itu kerja kesetwanan atau anggota dewan kita antisipasi,” katanya.

Contoh, toilet kamar mandi perempuan tidak ada tisu, karena kamar mandi perempuan itu harus ada tisu, kita siapkan tisunya segera. Kalau terjadi complain, pengaduan, kita segera tindaklanjuti. 

Nah setelah itu, ya alhamdulilah naik rank SKM-nya. Bukan berarti tidak ada keluhan, bukan. Keluhan itu ada, cuma kita tindaklanjuti, papar Dodi.

Dodi juga menjelaskan cara kerja survey kepuasan masyarakat di SKM Jabar Terintegrasi. “Survei kepuasan dilakukan melalui aplikasi SKM Terintegrasi di handphone, pakai barcode, tinggal di klik Bagian Umum di aplikasinya. 

Penilaian kepuasan melalui aplikasi SKM langsung direkap sendiri oleh sistem ke  jumlah total. Nanti kita rekap per enam bulan,” jelasnya.

Untuk mendukung kinerja Sekretariat Dewan (Setwan), Bagian Umum juga memberikan berbagai layanan seperti layanan mobilisasi, kebersihan, keamanan, administrasi persuratan. 

Untuk menilai kepuasan layanan Bagian Umum ini, Dodi mengungkapkan, setiap orang boleh mem-barcode di link SKM Jabar Terintegrasi https://skm.jabarprov.go.id/.

“Setiap orang boleh mem-barcode itu, bapak keluhkan apa yang bapak rasakan layanan itu. Nah, itu jadi bahan masukan positif bagi kami untuk perbaikan,” ujarnya.

Khusus untuk layanan kepada DPRD Jawa Barat, di link SKM Jabar Terintegrasi juga ada layanan pergantian antar waktu dan medical check up yang dapat diberikan nilai kepuasannya.

Layanan yang diberikan Bagian Umum ini merupakan bagian untuk mendukung tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) Sekretariat DPRD Jawa Barat. 

Adapun Tupoksi Sekretariat DPRD Jawa Barat adalah untuk menyelenggarakan dan mendukung tugas dan fungsi DPRD, serta menyediakan dan mengkoordinasikan tenaga ahli yang diperlukan oleh DPRD, sesuai dengan kemampuan keuangan daerah.

Sekretariat DPRD Jawa Barat dipimpin oleh Sekretaris DPRD dan dibantu empat kepala bagian, yaitu Kepala Bagian Persidangan dan Perundang-undangan, Kepala Bagian Fasilitasi Penganggaran dan Pengawasan (Fasgarwas), Kepala Bagian Umum, dan Kepala Bagian Program dan Keuangan.**

×
Berita Terbaru Update