Penerapan nilai dasar (core values) AKHLAK sebagai pijakan kerja dan beraktivitas seluruh elemen di PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk kini telah genap berusia satu tahun.
Momen ini dirayakan Telkom melalui acara Peringatan 1 Tahun
AKHLAK bertema “Bagiku & Keluargaku”. Tema tersebut menggambarkan
bahwa core values AKHLAK ini diimplementasikan tidak hanya
dalam lingkungan pekerjaan, melainkan justru dimulai dari diri sendiri dan keluarga.
Acara ini merupakan salah satu wujud dukungan TelkomGroup
terhadap program Kementerian BUMN. Peringatan setahun penerapan AKHLAK
sebagai core values perusahaan dilaksanakan secara virtual,
dihadiri melalui video conference oleh seluruh jajaran Komisaris,
Direksi, Serikat Karyawan, dan Srikandi TelkomGroup, yang disaksikan
melalui live streaming oleh seluruh milenial dan insan
TelkomGroup beserta keluarga.
Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah menyampaikan pesan ihwal
pentingnya transformasi sumber daya manusia (SDM) dilakukan oleh TelkomGroup
sebagai bagian penting dari transformasi perusahaan menjadi digital
telco dalam rangka mengembangkan talenta digital yang mampu
beradaptasi dan memberikan manfaat bagi bangsa dan negara.
Upaya
transformasi SDM di TelkomGroup harus dilakukan dengan nilai-nilai dasar yang
kuat. Karena itu, internalisasi nilai Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal,
Adaptif, dan Kolaboratif harus dipastikan berjalan secara sungguh-sungguh, konsisten,
dan konsekuen di lingkungan TelkomGroup.
Ririek menekankan bahwa selama setahun terakhir Telkom telah
cukup berhasil memulai penerapan core values AKHLAK di
lingkungan internal perusahaan.
Keberhasilan ini dibuktikan dengan diraihnya gelar Juara Umum
pada ajang perdana AKHLAK Award 2021 yang diselenggarakan Kementerian BUMN
bersama ACT Consulting Internasional beberapa waktu lalu.
Dikatakan, pencapaian
membanggakan tersebut tidak lain adalah atas kontribusi dan kerja sama seluruh
karyawan dalam mengimplementasikan AKHLAK selama satu tahun ini di lingkungan
TelkomGroup.
Untuk itu, saya pribadi dan mewakili jajaran direksi mengucapkan
terima kasih dan mengapresiasi dedikasi serta kontribusi rekan-rekan dalam
menyukseskan implementasi AKHLAK di lingkungan TelkomGroup.
Diharapkan, melalui pencapaian ini dapat memotivasi seluruh
karyawan, termasuk saya dan seluruh jajaran direksi selaku role model,
untuk semakin meningkatkan internalisasi dan implementasi core
values AKHLAK dalam setiap pekerjaan. Namun demikian, pencapaian ini
bukanlah tujuan akhir perjalanan. Menjadi yang terbaik adalah sebuah keharusan,
namun memenangkan persaingan adalah hal mutlak,” demikian jelas Ririek.
Pada kesempatan
yang sama, Komisaris Utama Telkom Bambang Brodjonegoro mengajak seluruh insan
TelkomGroup untuk mempertegas implementasi core values AKHLAK
sehingga menjadi perilaku keseharian.
“Bersama kita berkomitmen untuk memperkuat karakter AKHLAK dalam
perilaku keseharian di lingkungan TelkomGroup. Dengan berlandaskan core
values AKHLAK, mari kita berperan aktif untuk mencapai visi misi
perusahaan, mewujudkan keberhasilan perusahaan dan mendukung transformasi
digital Indonesia sejalan dengan program pemerintah,” ujar Bambang.
Peringatan setahun
penerapan core values AKHLAK di lingkungan TelkomGroup juga
dimeriahkan dengan penyerahan apresiasi bagi pemenang Kompetisi FUNTASTIC
AKHLAK Video Challenge oleh Direktur Human Capital Management Telkom Afriwandi,
pemberian apresiasi oleh Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah kepada anak
perusahaan pemenang AKHLAK Award 2021, serta Deklarasi Komitmen Insan
TelkomGroup untuk menjalankan core values AKHLAK secara
sungguh-sungguh.
Selain menjadi
Juara Umum dan pemenang pada tiga kategori di ajang Akhlak Award 2021, Telkom
melalui beberapa anak perusahaan juga berhasil membawa pulang sejumlah
penghargaan pada acara yang sama dari kategori anak perusahaan BUMN.
Anak perusahaan Telkom yang meraih penghargaan adalah Telkomsel,
Telkom Infra, Yakes, PINS, Telkomsat, Metranet, Mitratel, Telin, Dapen, dan
Telkom Akses.
Keberhasilan
Telkom dan anak perusahaan dalam menerapkan core values AKHLAK
tak lepas dari gerak cepat perusahaan mengimplementasikan core
values tersebut sejak ditetapkan oleh Menteri BUMN Erick Thohir pada
1 Juli 2020.
Implementasi nilai AKHLAK dimulai dari ikrar dan komitmen sejak
23 Juli 2020, sosialisasi ke seluruh karyawan, dan internalisasi melalui
Training Living in The Grand Why AKHLAK yang diikuti oleh 9.000 peserta dan
dihadiri 108 BUMN sebanyak 10 batch.
Telkom juga melaksanakan e-learning yang
diikuti oleh 24.848 karyawan dan acara puncak Culture Festival 2020 TelkomGroup
secara virtual yang dihadiri lebih dari 24.000 peserta—termasuk BUMN lain dan
masyarakat—pada Desember 2020.
Direktur Human
Capital Management Telkom, Afriwandi mengatakan, tantangan di tahun 2021 ini
adalah bagaimana kita tetap dapat mempertahankan, bahkan meningkatkan prestasi,
sebagai Best BUMN di AKHLAK Award dengan hasil pengukuran yang lebih baik.
Karenanya, diminta kepada seluruh pimpinan unit, termasuk
direktur anak perusahaan dengan dibantu para culture agent dan culture
booster, untuk semakin meningkatkan index implementasi Core
values AKHLAK yaitu Indeks Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal,
Adaptif, dan Kolaboratif.
Di penghujung
acara, Ririek berpesan kepada seluruh insan TelkomGroup agar terus
menerapkan core values AKHLAK. “Dengan berlandaskan core
values AKHLAK, mari perkuat sinergi untuk terus melahirkan karya
terbaik dengan inovasi tiada henti dalam mendorong transfromasi digital untuk
Indonesia yang lebih baik,” tutup Ririek.(Ter)