Jakarta.Internationalmedia.id.-TelkomGroup mendukung
Dewan Pers dan industri pers nasional dalam mengimplementasikan inovasi
teknologi terkini bagi industri media, khususnya periklanan, dengan meluncurkan
layanan digital bernama TADEX (Tanah Air Digital Exchange), sebuah premium
programmatic advertising terbesar di Indonesia.
TADEX hadir sebagai solusi bagi para pelaku di
industri periklanan Indonesia, baik bagi publishers maupun advertisers dan
pihak-pihak yang berkepentingan lainnya. TADEX terbentuk sebagai hasil
kolaborasi dua anak perusahaan TelkomGroup yakni Telkomsel dan Metranet bersama
dengan Dewan Pers, Task Force Media Sustainability dan Asosiasi Periklanan.
Dalam peluncuran TADEX yang diselenggarakan secara
virtual, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo mengatakan, “Saya menyambut
baik kolaborasi antara dewan pers, Task Force Media Sustainablity, dan
TelkomGroup yang menciptakan inovasi teknologi bagi industri media, khususnya
periklanan dengan menghadirkan TADEX.
Karya anak bangsa ini harus kita dukung dan
manfaatkan sebaik-baiknya untuk mendorong ekosistem digital yang inklusif,
membangun perikalanan digital yang inovatif dan transparan dengan tetap
mengedepankan kualitas penyampaian pesan ke publik.
Saya yakin TADEX akan memberikan angin segar karena
menawarkan model bisnis periklanan digital berkelanjutan, membuka banyak
peluang-peluang baru yang bermanfaat bagi advertiser, publisher, marketer, dan
pemangku kepentingan lainnya.
Kehadiran TADEX menjadi momentum penting untuk
melahirkan lompatan-lompatan baru, menciptakan ekosistem digital yang lebih
baik, dan menjadikan Indonesia sebagai negara dengan kekuatan ekonomi digital
terbesar di Asia Tenggara.
Pada kesempatan yang sama, Menteri BUMN Republik
Indonesia, Erick Thohir mengatakan, semua harus optimis dan yakin, walau ada
pelemahan konsumsi dan tantangan ekonomi, kebutuhan beriklan tidak akan hilang.
Yang ada tentunya terjadi pergeseran kebutuhan
secara platform dengan cara beriklannya, yaitu dengan digitalisasi. Ini adalah
kolaborasi perusahaan BUMN TelkomGroup dengan insan media dan tentunya dewan
pers yang kita harapkan kolaborasi ini dapat menjadi sebuah kekuatan
penyeimbang dan tentu harus kita jaga keberlangsungannya.
Ini momen bersejarah bagi ekosistem periklanan
digital. Platform ini merupakan premium publisher programmatic pertama karya
anak bangsa yang tidak kalah dengan platform periklanan global lainnya, dimana
TADEX hadir dari Indonesia untuk Indonesia.”
Ketua Dewan Pers Indonesia, Mohammad Nuh mengatakan,
“Kehadiran TADEX sudah lama kita impikan, kolaborasi antar anak bangsa ini
membuktikan bahwa sinergi membawa impossibility menjadi possibility.
TADEX akan membangkitkan kepedulian kita tentang
data, dimana data menjadi asset yang sangat luar biasa dan harus kita kelola
dengan baik oleh anak bangsa sendiri. Dengan demikian, kekayaan kita yang luar
biasa itu tidak lari ke mana-mana manfaatnya dan justru akan dapat kita
manfaatkan sebaik-baiknya demi kemajuan bangsa Indonesia.”
Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah mengatakan,
“Sebagai perusahaan telekomunikasi terdepan, Telkom telah mencanangkan diri
untuk mendukung beragam ekosistem melalui optimalisasi teknologi digital,
seperti UMKM, pendidikan, pertanian hingga pariwisata.
Sejalan dengan transformasi untuk menjadi digital
telco yang tengah dilakukan Telkom saat ini, TADEX menjadi salah satu wujud
peran aktif Telkom dalam membangun dan memajukan dunia periklanan nasional.
Semoga kehadiran TADEX sebagai produk anak bangsa
dapat mendukung industri periklanan Indonesia yang hadir dari, oleh dan untuk
para pelaku industrinya sendiri, dan pada akhirnya mewujudkan kedaulatan
digital Indonesia.”
Sebagai layanan premium programmatic periklanan,
TADEX memiliki tiga fitur yang menjadi unggulan. Pertama, TADEX terhubung
dengan sistem big data analytics milik TelkomGroup, sehingga iklan yang
ditayangkan akan lebih efektif dan tepat sasaran sesuai dengan target segmen
yang diinginkan oleh pengguna atau pengiklan.
Kedua, TADEX menawarkan beragam kategori media
penyaluran iklan digital, mulai dari SMS, MMS, aplikasi, hingga situs web dari
para publishers terpercaya. Dengan saluran media yang beragam tersebut dapat
menjangkau sebanyak mungkin pelanggan atau penerima iklan.
Ketiga, TADEX memungkinkan penggunanya untuk
melakukan personalisasi iklan secara luas untuk meningkatkan efektivitas dan
efisiensi pemasangan iklan, serta menjalankan programmatic ads melalui
publisher yang terpercaya. Hal ini menjadikan pemasangan iklan menjadi lebih
tepat sasaran dan sesuai dengan kebutuhan pengguna atau pengiklan.
Direktur Utama Telkomsel, Hendri Mulya Syam
mengatakan, Telkomsel sebagai leading digital telco company berupaya untuk
dapat membuka akses dan potensi digital secara optimal di berbagai sektor
industri dengan konsisten melanjutkan transformasi bisnis perusahaan yang terus
menjadi landasan dalam menghadirkan produk dan layanan Telkomsel sebagai
pilihan terbaik bagi pemenuhan gaya hidup digital masyarakat.
Hal ini diwujudkan dengan menghadirkan layanan
periklanan digital TADEX kolaborasi Telkomsel dan Metranet yang di inisiasi
oleh TelkomGroup untuk membantu pelaku industri media dan periklanan di
Indonesia agar dapat terus tumbuh dan berkembang melalui solusi digital yang sesuai
dengan kebutuhan dan perkembangan di industri.
Pengembangan TADEX sendiri berdasarkan pada empat
tolok ukur, yakni scalability, impact, quality, dan data. TADEX memiliki
skalabilitas yang luas sehingga dapat menyediakan berbagai macam inventori yang
memungkinkan konten iklan dapat ditayangkan secara luas ke seluruh penjuru
negeri.
Selanjutnya dari sisi impact, dengan adanya berbagai
macam pilihan saluran dan format iklan, TADEX dapat memberikan layanan yang
sesuai dengan kebutuhan pengguna, sehingga iklan yang ditayangkan berjalan
efektif, tersebar luas dan tepat sasaran.
Kemudian dari sisi kualitas yang dihasilkan, TADEX
dapat membantu penggunanya untuk terhubung dengan segmen yang tepat, sehingga
kampanye iklan dapat berjalan optimal, baik itu dalam hal trafik, penempatan,
hingga waktu tayangnya.
Terakhir, terkait data yang menjadi prioritas utama
TADEX, karena terhubung dengan big data analytics Telkom Group, kami menjamin
keamanan data pelanggan. Di saat bersamaan, TADEX dapat memberikan insight yang
menyeluruh dan terarah, sehingga pengiklan dapat menayangkan iklan-iklannya
dengan nyaman karena tepat guna pada target yang dituju.
Berangkat dari seluruh keunggulan tersebut, TADEX
akan menjadi premium programmatic advertising platform terbesar bagi ekosistem
media digital di Indonesia.
Para pemiliki merek (Media Agency) dapat menemukan
solusi layanan terkait strategi periklanan digital melalui beragam inventory
yang berkualitas, dimana seluruh inventory dimiliki oleh publishers media yang
terverifikasi oleh Dewan Pers.
Kemudian TADEX juga memiliki kapabilitas dalam
menjangkau lebih banyak target audiens di seluruh Indonesia melalui ekosistem
big data analytics Telkomsel dan TelkomGroup yang terarah dengan data yang
terlindungi secara aman.
TADEX diharapkan dapat menjadi solusi untuk
menciptakan skema periklanan digital yang sehat, sehingga dapat berkontribusi
dalam membentuk ekosistem pers nasional yang berkelanjutan dan juga ramah bagi
para pembaca, khususnya dalam hal pengalaman menikmati konten dari publishers.
Informasi lebih lanjut mengenai layanan digital
TADEX: Tanah Air Digital Exchange dan seluruh fitur unggulannya dapat diakses
di tadex.id.(Ter)