Pameran produk-produk unggulan Indonesia di Manila
Jakarta.Internationalmedia.id.-Sebanyak 50
eksportir Indonesia menawarkan produk-produk unggulan dalam pameran daring
bertajuk “Indonesia F&B, and Lifestyle Virtual Exhibition" yang
diprakarsai bersama oleh KBRI Manila dan KJRI Davao City yang berlangsung pada
28-30 Juni 2021.
“Virtual exhibition ini mengangkat 2 sektor yaitu
sektor food and beverage dan lifestyle dengan mempertimbangkan produk-produk
tersebut mempunyai potensi pasar yang kuat di tengah situasi pandemi,"
ujar Kuasa Usaha Ad-interim KBRI Manila, Widya Rahmanto pada sesi pembukaan
tanggal 28 Juni 2021.
“Pameran Virtual ini sangat tepat untuk meningkatkan
interaksi ekonomi, terutama selama pandemi. Sebagian besar komunitas bisnis
menderita dan sangat membutuhkan untuk menemukan cara dan peluang baru untuk
bertahan, tetap relevan, dan terus berkembang," tambahnya.
Sebagai keynote speaker, Staf Ahli bidang Diplomasi
Ekonomi Kementerian Luar Negeri, Duta Besar Ina Hagniningtyas Krisnamurthi
memberikan tantangan bagi kedua negara untuk terus mencari dan menjajaki
peluang kerja sama dan kolaborasi.
Pandemi juga telah menjadi wake-up call dunia usaha
untuk mendefinisikan ulang model bisnis agar lebih inovatif dan adaptif
terhadap tantangan-tantangan saat ini.
President Philippine Chamber of Commerce and
Industry (PCCI), Duta Besar Benedicto V. Yujuico menekankan kedekatan geografis
kedua negara telah mendorong eratnya interaksi ekonomi Indonesia dan Filipina.
“Warga Filipina telah terbiasa dengan berbagai produk F&B dari Indonesia
seperti Kopiko dan Indomie. Sementara itu produk Potato Corner Filipina dan
produk makanan ringan seperti Piatos juga telah diterima oleh warga
Indonesia," lanjutnya.
Produk yang ditawarkan dalam pameran telah dikurasi
secara cermat untuk mewakili produk-produk yang menawarkan inovasi dalam rasa
dan tampilan, misalnya makanan ringan dalam berbagai rasa dan kemasan.
Produk-produk unggulan lainnya antara lain adalah virgin coconut oil, ikan
cakalang, dan mesin-mesin pengemas.
Guna mendorong peningkatan nilai transaksi
perdagangan dan investasi dua arah, penyelenggaraan Virtual Exhibition selama
tiga hari tersebut juga diisi dengan
sejumlah side events, yaitu Forum Investasi, Forum Ekonomi Kreatif, dan
Business Matching yang menghadirkan para narasumber mumpuni di bidangnya.
Kegiatan ini merupakan upaya KBRI Manila dan KJRI
Davao City untuk berkontribusi membantu para pengusaha Indonesia memasarkan
produk-produk mereka ditengah pandemi.(lysmar)