Direktur Network & IT Solution Telkom Herlan Wijanarko bersama para Direktur Telkom Pusat dan Executive General Manager Divisi Service Operational
Jakarta.Internationalmedia.id.- Menyambut Hari Raya Idul Fitri 1442H, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) terus melakukan berbagai persiapan dan upaya pengamanan infrastruktur demi memastikan kualitas layanan diterima masyarakat tetap prima.
Tak hanya mengawal kualitas jaringan dan
mengantisipasi lonjakan trafik telekomunikasi nasional, TelkomGroup secara
khusus menyiagakan “Posko TelkomGroup Siaga RAFI 2021” yang operasionalisasinya
resmi dimulai pada Jumat (7/5) melalui kick off yang dilakukan oleh Direktur
Network & IT Solution Telkom Herlan Wijanarko.
Ia didampingi Direktur Consumer Service Telkom
Venusiana, Direktur Wholesale & International Service Telkom Dian
Rachmawan, dan Executive General Manager Divisi Service Operation Telkom Akhmad
Ludfy serta turut diikuti melalui video conference oleh Direktur Enterprise
Business Telkom Edi Witjara dan Direktur Digital Business Telkom M. Fajrin
Rasyid.
TelkomGroup Siaga RAFI (Ramadan Idul Fitri) 2021
sendiri merupakan rangkaian kegiatan tahunan dalam menghadapi Ramadan dan Idul
Fitri yang diselenggarakan secara nasional hingga seluruh Telkom Regional dalam
tema besar “Tetap Terhubung dan Terlindung” dengan tiga program utama yakni
Layanan Prima, Paket Khusus, dan Telkom Berbagi.
Rangkaian kegiatan ini dilaksanakan sejak awal
Ramadan hingga beberapa hari setelah Idul Fitri.
Sebanyak 88 posko dioperasikan oleh lebih dari 20
ribu petugas yang standby 24x7 baik nasional, Telkom Regional, divisi fungsi
atau unit bisnis hingga anak perusahaan telah disiagakan Telkom untuk memonitor
kualitas layanan TelkomGroup hingga tanggal 18 Mei 2021. Adapun seluruh petugas
posko memantau layanan TelkomGroup secara digital melalui aplikasi.
Direktur Network & IT Solution Telkom, Herlan
Wijanarko mengatakan, di tengah pandemi yang masih berlangsung dan imbauan
larangan mudik yang berpotensi pada meningkatnya trafik telekomunikasi di mana
masyarakat akan sangat mengandalkan konektivitas untuk bersilaturahmi dengan
keluarga di kampung halaman.
Kami berkomitmen untuk memberikan kenyamanan kepada
seluruh masyarakat yang merayakan Hari Raya Idul Fitri dengan memberikan
layanan yang prima dan berkualitas yang dimonitor rutin melalui posko layanan
yang terintegrasi.
Dengan adanya konektivitas yang andal, semoga
masyarakat dapat dengan mudah berkomunikasi baik melalui telepon, video
conference hingga berbagi konten lebaran.”
Herlan juga mengapresiasi petugas posko yang
mendedikasikan diri untuk mengawal layanan TelkomGroup meski dalam suasana
merayakan Hari Raya.
“Terima kasih atas dukungan dan komitmen petugas
posko di seluruh Indonesia yang merelakan waktu kebersamaannya bersama keluarga
untuk mengawal kualitas layanan untuk pelanggan. Tetap fokus pada empat hal
yakni disiplin operasi, quick response, quick action serta utamakan keamanan
dan keselamatan,” tambah Herlan.
Pada kesempatan yang sama, Herlan juga menyampaikan
progress pemulihan layanan TelkomGroup di Jayapura yang sempat terganggu
sebagai dampak putusnya sistem komunikasi kabel laut Sulawesi Maluku Papua
Cable System (SMPCS) ruas Biak – Sarmi.
“Alhamdulillah kapasitas bandwidth Telkom di
Jayapura yang sudah up mencapai 2 Gbps di mana 500 Mbps dukungan dari
infrastruktur Palapa Ring Timur dan 1.507 Mbps dari link satelit yang
dioperasikan Telkomsat.
Selain itu, kami juga sudah menyiapkan kapal yang
akan berangkat untuk melakukan penyambungan dan perbaikan pada kabel yang
terputus. Mohon doa dan dukungan dari semua pihak agar proses perbaikan
berjalan lancar dan masyarakat Jayapura dapat memperoleh layanan seperti sedia
kala secepatnya,” ungkap Herlan.
Total kapasitas bandwidth Telkom yang pulih di
Jayapura saat ini mencapai 2,007 Gbps. Telkom terus mengupayakan agar kapasitas
ini semakin meningkat dengan mengerahkan teknisi dan petugas lapangan untuk
pengaktifan link back up serta mengawal proses pemulihan layanan agar segera
terselesaikan.(Ter)