Jakarta.Internationalmedia.id.-Mengantisipasi antusiasme masyarakat Belgia untuk kembali beriwisata pada saat pandemi reda, KBRI Brussel meluncurkan promosi Wonderful Indonesia di salah satu moda transportasi, yakni tram, di kota Brussel, Belgia.
Promosi ini dimulai
sejak 8 April 2021 dan akan berlangsung selama 3 bulan ke depan selama musim
semi hingga 28 Juni 2021.
Duta Besar RI untuk
Belgia, Luksemburg dan Uni Eropa, Andri Hadi, menjelaskan bahwa promosi
Wonderful Indonesia di tram Brussel ini mengusung tiga tema, yakni: Indonesia
is sustainable. Indonesia is tolerant. Indonesia is wonderful.
“Tema Indonesia is
sustainable dimaksudkan untuk menjelaskan berbagai upaya Indonesia dalam
menjaga keberlangsungan alamnya. Indonesia is tolerant dimaksudkan untuk
menjelaskan sikap moderat dan toleran serta keramahtamahan masyarakat Indonesia.
Sedangkan Indonesia is
wonderful menampilkan berbagai destinasi menarik Indonesia yang perlu
dikunjungi," tegas Dubes Andri Hadi.
Promosi ini menampilkan
gambar-gambar khas Indonesia, seperti komodo, Ulun Danu Bali, Borobudur, Raja
Ampat, tari Gandrung Banyuwangi, dan Pantai Kelayang Bangka Belitung.
Selain untuk wisata,
promosi ini juga dimanfaatkan untuk lebih mempopulerkan produk dan komoditas
Indonesia seperti kopi, coklat, sawit, teh, dan kayumanis.
Meskipun hingga saat
ini melakukan perjalanan ke Indonesia belum memungkinkan bagi warga asing,
namun promosi ini dirasa tepat waktu mengingat banyak orang di Belgia sudah
menantikan dapat berpergian dan berwisata kembali. Masyarakat Belgia diketahui
sebagai masyarakat yang senang merencanakan wisatanya minimal satu tahun
sebelumnya.
Untuk menjangkau
seluruh lapisan masyarakat kota Brussel, promosi Indonesia di tram ini akan
melewati jalur-jalur sibuk yakni jalur 7, 8, 25, 92 dan 93. Total pengguna
transportasi umum di Brussels mencapai 1,1 juta orang/hari. Sebagian besar
adalah usia aktif yang memanfaatkan transportasi umum untuk bekerja, belanja
dan beraktivitas sehari-hari.
Kondisi pandemi yang
berlanjut tahun ini juga telah menyebabkan dibatalkannya berbagai pameran dan
festival yang biasanya dimanfaatkan KBRI Brussel untuk mempromosikan Indonesia.
Promosi melalui tram ini menjadi upaya kreatif KBRI Brussel untuk menjangkau
publik Belgia secara masif namun tidak melibatkan pengumpulan orang.
Berdasarkan survei yang
dilakukan berbagai sumber, diketahui bahwa wisatawan asal Belgia dan Luksemburg
menyukai destinasi wisata dengan cuaca tropis, berbudaya, memiliki pantai yang
indah dan wisata keluarga. Indonesia tentunya memenuhi semua kriteria ini.
Kita semua berharap
agar pandemi Covid-19 segera usai sehingga sektor pariwisata Indonesia dapat
kembali bangkit dan pulih kembali, segera.(lysmar)
(Sumber: KBRI Brussel)