Jakarta.Internationalmedia.id.-“Warung Konsuler sangat membantu kami dalam mengurus dokumen kekonsuleran. Kami sangat berterima kasih kepada KJRI Dubai," kata Hanif, WNI yang bekerja di bagian administrasi pada salah satu perusahaan kapal di UAE menyampaikan apresiasinya di tengah penyelenggaraan layanan kekonsuleran yang dilakukan oleh KJRI Dubai di Ras Al Khaimah (RAK), Jumat (26/02/2021).
Kegiatan Warung Konsuler tetap mengacu pada protokol
kesehatan terkait pencegahan Covid-19. Kegiatan ini diselenggarakan mengingat
adanya kebutuhan dan permintaan WNI/PMI yang berdomisili dan bekerja di Ras Al
Khaimah, namun terkendala waktu dan jarak untuk mengurus dokumennya ke Dubai.
"Kami hadir di sini dalam upaya melayani dan
melindungi WNI/PMI di luar negeri, khususnya di Emirat Ras Al Khaimah,"
ujar Qomaruzzaman selaku Pelaksana Fungsi Konsuler II KJRI Dubai.
Sebanyak 52 orang WNI/PMI hadir pada kegiatan Warung
Konsuler tersebut, untuk mengurus perpanjangan dan penggantian paspor,
perpanjangan dan sign on/off buku pelaut, registrasi lapor diri cuti dan
konsultasi masalah-masalah kekonsuleran.
Kegiatan Warung Konsuler juga sekaligus dimanfaatkan
untuk memperkenalkan Konsul Jenderal RI yang baru, Kartika Candra Negara, yang
berkenan menyapa secara langsung sekaligus bertatap muka dengan WNI/PMI yang
bekerja di sektor formal di Ras Al Khaimah dan sekitarnya.
“Kehadiran KJRI Dubai disini untuk memastikan bahwa
negara hadir dan memberikan perlindungan kepada WNI dari sisi kelengkapan dan
keabsahan dokumen," sapa Konjen Candra kepada WNI/PMI yang menerima
layanan.
KJRI Dubai senantiasa berkomitmen memberikan
perlindungan dan layanan terbaik bagi masyakarat Indonesia di wilayah kerja.(marpa)
(Sumber: KJRI Dubai).