Jakarta.Internationalmedia.id.-Perwakilan Indonesia di luar negeri mempunyai tugas untuk meningkatkan perdagangan Indonesia dengan negara akreditasi. Untuk mewujudkan hal ini, Perwakilan RI melakukan berbagai kegiatan termasuk melakukan riset pasar seperti yang dilakukan oleh KBRI Kuwait City melalui diskusi dengan Hasem S Zarae dari Danah Fahaheel for Foodstuff, Fruits & Vegetables (04/02/2021).
Riset pasar dilakukan dengan melihat berbagai produk
yang disediakan kepada lebih dari 100 bakala (kios kecil) di wilayah itu.
Produk yang paling diminati di supermarketnya adalah makanan ringan dan mie
instan, dan dua produk Indonesia yang sudah mendapat hati dan dikenal di lidah
konsumen Kuwait adalah Indomie dan Kopiko. Dua produk ini masih unggul dan
bersaing dengan produk makanan asal Thailand, Malaysia juga India.
Pada kesempatan diskusi, KBRI Kuwait City
menyampaikan tingginya minat eksportir produk makanan dan rempah asal Indonesia
untuk masuk ke pasar Kuwait, hal ini menjadi tujuan utama kunjungan sekaligus
market survey yang dilakukan secara regular oleh KBRI Kuwait City.
Menanggapi hal tersebut, Hasem menyampaikan tips
penting bagi para calon eksportir Indonesia, “Kunci sukses berdagang di Kuwait
adalah suplai produk lancar dan iklan kepada konsumen." Dua hal ini
apabila terus dilakukan antara eksportir dan importir maka dengan mudah masuk
dan menjadi pilihan keluarga Kuwait yang gemar berkumpul dan menikmati berbagai
jenis makanan.
Selanjutnya, KBRI Kuwait City akan melanjutkan
komunikasi bersama Danah Supermarket untuk mendapatkan jaringan importir produk
makananan ringan, dan rempah-rempah guna memfasilitasi ekspansi ekspor produk
Indonesia ke Kuwait.(marpa)
(Sumber: KBRI Kuwait City)