Jakarta.Internationalmedia.id.– PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk terus mengupayakan agar layanan telekomunikasi TelkomGroup tetap beroperasi normal pasca terjadinya gempa di wilayah Majene dan Mamuju, Sulawesi Barat dengan magnitudo 6,2 skala richter pada Jumat (15/1/2021) dini hari pukul 2:28 WITA.
“Saat
ini kondisi jaringan backbone tetap beroperasi normal dan kami sedang melakukan
pengecekan pada jaringan akses. Sementara itu untuk layanan seluler, beberapa
BTS mengalami gangguan umumnya dikarenakan kendala catuan listrik yang terjadi.
Kami terus melakukan pengecekan dan mempercepat perbaikan jika memang ditemukan
adanya perangkat jaringan yang terdampak,” demikian ungkap Vice President
Corporate Communication Telkom, Pujo Pramono di Jakarta.
Pujo
menambahkan untuk kondisi gedung pelayanan pelanggan dan Sentral Telepon Otomat
(STO) Mamuju berdasarkan laporan sementara mengalami beberapa kerusakan. Bahkan
STO Mamuju membutuhkan catuan genset sehubungan adanya kendala catuan listrik
di lokasi.
“Kami
memohon maaf kepada pelanggan yang sempat terdampak atas ketidaknyamanan
layanan telekomunikasi yang dirasakan pasca gempa. Untuk mempercepat upaya
identifikasi dan recovery, Kami telah mengirimkan tim teknisi dari Parepare
menuju Mamuju untuk melakukan pengecekan dan mempercepat perbaikan segera
terhadap gangguan layanan yang terdampak,” demikian tutup Pujo.
Saat ini
Telkom telah memobilisasi genset mobile dari Donggala ke Mamuju. Selain itu,
Telkom juga menyediakan internet gratis di Wifi Corner Kantor Daerah Pelayanan
Telekomunikasi (Kandatel) Mamuju yang dimanfaatkan masyarakat dalam
berkomunikasi dan mengakses informasi.(Ter)