Wamenlu RI, Mahendra Siregar
Jakarta.Internationalmedia.id.-Menggandeng sejumlah
pelaku industri kopi nasional, Kementerian Luar Negeri RI, menyelenggarakan
kegiatan Temu Bisnis Virtual: Mengenal Selera Konsumen dan Potensi Pasar Kopi
Specialti di Amerika Utara dan Jerman (22/12).
Kegiatan ini merupakan upaya Kementerian Luar Negeri
RI untuk industri kopi nasional yang lebih kuat di masa pasca pandemi.
Inisiatif untuk berkolaborasi dengan Kementerian/Lembaga dan Perwakilan RI di
Luar Negeri serta pelaku industri kopi ini bertujuan untuk mempromosikan kopi
spesialti Indonesia di niche market.
“Kami mengajak seluruh pelaku industri kopi
nusantara untuk bersinergi dan bekerja sama mempersiapkan industri kopi
nasional menjadi lebih kuat dan berkelanjutan di masa pasca pandemi," ujar
Wakil Menteri Luar Negeri RI Mahendra Siregar.
Wakil Menteri Luar Negeri RI Mahendra Siregar
mendorong para pelaku industri kopi nasional untuk memanfaatkan masa pandemi
dengan berinovasi dan menciptakan nilai tambah melalui penguatan penerapan
technology, sustainability dan traceability. Selain itu, para pelaku industri
kopi nasional juga diharapkan dapat memperluas pasar, khususnya untuk produk
specialty coffee.
Sebagai negara produsen kopi terbesar ke-4 di dunia,
produk specialty coffee Indonesia dikenal di mancanegara sebagai salah satu
yang terbaik di dunia. Di tahun 2021, peluang ekspor kopi Indonesia, khususnya
specialty coffee, terbuka lebar. Hal ini dikarenakan cita rasa specialty coffee
Indonesia yang dinilai luar biasa dan adanya trend lifestyle untuk specialty
coffee di berbagai negara.
Dalam kegiatan Temu Bisnis Virtual ini, para pelaku
industri kopi nasional tidak saja mendapatkan kesempatan untuk mengenal lebih
jauh karakteristik pasar kopi di Amerika Utara dan Jerman. Mereka juga diajak
untuk secara langsung melakukan business forum dengan calon importir di kedua
wilayah, sehingga tercipta link and match antara produsen dan konsumen.
Pakar kopi AS Mane Alves menyatakan bahwa pendidikan
dan pemasyarakatan kopi bagi Indonesia sangat penting. Setelah itu para
pengusaha kopi perlu didorong untuk mengikuti lomba/kompetisi internasional.
Para roasters AS dan Eropa juga lebih sering diundang untuk datang langsung ke
Indonesia guna melihat keaslian dan mutu kopi, serta berdialog langsung dg
petani.
Kementerian Luar Negeri RI akan menyelenggarakan
berbagai kegiatan dalam rangka Diplomasi
Kopi Indonesia di tahun 2021, antara lain business matching dan familiarization
trip. Diharapkan rangkaian kegiatan ini dapat mendorong pemulihan ekonomi
nasional yang berkelanjutan di masa pasca pandemi.(marpa)
Sumber: Kementerian Luar Negeri