Direktur Enterprise & Business Service Telkom Edi Witjara (kiri) mewisuda para pebisnis milenial |
Jakarta.Internationalmedia,id,- Untuk mendukung pengembangan para pelaku bisnis lokal, khususnya wirausaha milenial, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) melalui Rumah BUMN Pekalongan melakukan wisuda 26 pebisnis milenial pekan lalu.
Para peserta sebelumnya telah mengikuti kelas
mentoring “Saatnya Millenial Jadi Bossmuda” batch #1 sejak 4 September 2020.
Kelas mentoring atau inkubasi bisnis ini, merupakan yang pertama kali dilakukan
Rumah BUMN di lingkungan Telkom dan akan berlanjut ke Rumah BUMN Sabang hingga
Merauke.
Para wirausahawan muda tersebut dibina oleh mentor
dari Rumah BUMN Telkom dan Owner Pande Rasa selaku pelaku usaha Pekalongan yang
sukses dalam menjalankan bisnisnya.
Dalam kelas tersebut, Telkom menyediakan 8 modul
mentoring, mulai dari mengenali segmen dan target pasar, masalah dan solusi,
pengembangan keunikan dan kekuatan produk hingga pengukuran key metric untuk
menjamin bisnis dapat sustainable dalam jangka panjang. Selain itu, mereka juga
dibekali strategi menjaring investor atau pemodal hingga pelaku bisnis muda ini
dapat mengembangkan bisnisnya.
“Saat kami buka program ini, target kami 15 pelaku
bisnis milenial Pekalongan. Alhamdulillah, rupanya hari ini diikuti 26 milenial
yang kesemuanya sudah menjalankan bisnis minimal 6 bulan. Ini sangat
menggembirakan, sehingga meyakinkan kami untuk melanjutkan model kelas
mentoring ke Rumah BUMN lainnya,” ujar Executive Vice President Divisi Business
Service Telkom, Syaifudin di sela-sela acara.
Salah satu peserta, Muhammad Farhan mengaku sangat
terbantu dengan adanya kelas inkubasi bisnis tersebut sehingga bisa
mengembangkan pemikirannya untuk memecahkan masalah dari problematika dunia
bisnis.
“Aplikasi-aplikasi milik Telkom seperti Bonum dan
Qren yang diberikan juga sangat bermanfaat untuk pengembangan bisnis. Bahkan
saya sempat meluncurkan produk baru berkat pembelajaran yang ada,” ujarnya.
Dalam acara yang dihadiri Direktur Enterprise &
Business Service Telkom, Edi Witjara, juga diresmikan Kelas Mentoring batch #2
untuk Rumah BUMN Sidenreng Rappang, Sulawesi Selatan, dan Tarakan, Kalimantan
Utara.
Pembinaan
atau mentoring juga dilaksanakan secara bertahap, ada 8 modul yang harus
diikuti para peserta. Dikarenakan kondisi Covid-19, maka pembelajaran dan
mentoring dilaksanakan melalui video conference. Kriteria peserta adalah pelajar setingkat SMA
atau mahasiswa yang telah menjalankan bisnis minimal 6 bulan.
“Program seperti ini sangat kita butuhkan. Indonesia
saat ini sangat gencar meningkatkan percepatan pertumbuhan ekonomi mikro,
karena perannya sangat berpengaruh dalam perputaran ekonomi di Indonesia,
termasuk mengajak pebisnis di kalangan milenial.
Terlebih di tengah pandemi Covid-19, kita harus
bersama-sama berjuang, istilahnya growing together #GakNyerah #AyoBerubah. Saya
yakin dengan kebersamaan yang kuat, kita pasti akan segera keluar dari krisis
yang ada,” ungkap Edi.(Ter)