BONUM POS
Jakarta.Internaqtionalmedia.id.- PT Telkom Indonesia
(Persero) Tbk (Telkom) menghadirkan BONUM POS, yakni aplikasi kasir digital
(point of sales) tanpa biaya untuk para pelaku UMKM di Indonesia.
Ini merupakan upaya dan dukungan untuk para pelaku
usaha khususnya UMKM.
Meningkatnya peran Usaha Mikro, Kecil & Menengah
(UMKM) dalam akselerasi perputaran perekonomian Indonesia melalui kontribusinya
pada Produk Domestik Bruto (PDB), mendorong munculnya kebutuhan penunjang
kegiatan berbasis teknologi untuk mempermudah pelaku usaha, terutama di tengah
pandemi COVID-19.
Diambil dari bahasa Latin, bonum berarti kebaikan
tertinggi yang mana kehadirannya diharapkan mampu membantu para pelaku usaha
UMKM dengan maksimal.
Terkait peluncuran produk terbaru ini, Herdi
Widiantoro, selaku founder Bonum menyampaikan bahwa saat ini, banyak aplikasi
kasir digital yang tersedia di Indonesia, tetapi BONUM POS berusaha melihat dan
mengerti kebutuhan UMKM akan aplikasi yang dapat membantu dan memudahkan
pengelolaan bisnisnya.
Salah satu kemudahan yang didapat adalah dalam hal
pencatatan penjualan yang tersusun rapi dan lengkap, sehingga membantu pelaku
bisnis dalam membuat strategi dan keputusan bisnis yang tepat sasaran.
“Kehadiran BONUM POS merupakan bentuk dukungan
TelkomGroup dalam membantu para pelaku bisnis lokal untuk menjalankan aktivitas
bisnis secara digital tanpa perlu ribet.
Ini sebagai langkah untuk merealisasikan UMKM untuk
lebih mengoptimalkan teknologi digital. BONUM POS bisa dioperasikan hanya
dengan menggunakan ponsel saja, di mana beragam operasional transaksi mulai
dari pemasukan produk sampai dengan penjualan dapat dilakukan dengan mudah
tanpa perlu menggunakan perangkat tambahan lagi,” jelas Herdi.
Sebagai aplikasi yang ramah pengguna, BONUM POS
dilengkapi dengan fitur pencatatan dan penyusunan katalog produk penjualan yang
dapat diperbarui di setiap transaksi, termasuk menjadikan produk sebagai produk
unggulan.
Di samping itu, ada juga fitur penghitungan manual
bagi pengguna yang memiliki lebih dari satu jenis produk, yang tetap tercatat
dalam laporan transaksi. Sementara bon penjualan dapat dicatat dalam fitur
digital struck untuk membantu pengecekan penjualan, dan dapat dicetak sesuai
keperluan kegiatan penjualan.
Kemudahan lain yang diberikan oleh BONUM POS adalah
sistem pembayaran nontunai yang dapat dikenali di seluruh Indonesia dan laporan
lengkap pendapatan harian, mingguan, serta bulanan yang dapat diunduh langsung
di periode pencatatan, sesuai keperluan pengguna.
“Layanan yang menitikberatkan pada fungsi manajemen
kegiatan ekonomi pengguna ini kelak akan memiliki layanan tambahan yang sesuai
dengan kebutuhan pengguna setelah uji coba, dengan biaya yang tidak lebih dari
Rp50.000 per bulan.
Pada November 2020 mendatang, sosialisasi menu
tambahan akan diberikan dengan rencana penerapan terdekat di awal 2021. Semoga
dengan aplikasi ini, memberikan kesempatan bagi para pelaku UMKM untuk
menjalankan bisnisnya dengan efektif dan efisien,” tutup Herdi.
BONUM POS merupakan salah satu inisiatif digital
milik Telkom melalui Tribe Small Medium Business (SMB) Digitalisasi untuk
memberikan solusi, produk, dan layanan digital yang dapat meningkatkan daya
saing UMKM menjadi Go Modern, Go Digital dan Go Online.
Ini menjadi wujud komitmen Telkom yang terus
memperkuat platform digital dan mengembangkan layanan digital sejalan dengan
transformasi perusahaan untuk menjadi digital telco. Selain itu, BONUM POS juga
mendukung pemerintah untuk memberdayakan UMKM sebagai salah satu aspek yang
sangat penting dalam percepatan perputaran ekonomi Indonesia.(Lys)