Tahun ini, MilenialFest 2020 mengangkat tema
“Talenta Juara” yang bertujuan meningkatkan kemampuan digital generasi milenial
melalui beragam kegiatan, di antaranya Conference, Virtual Millennial Class,
dan Bootcamp.
Keseluruhan kegiatan ini sekaligus menjadi alur
seleksi bagi 100 peserta terpilih yang akan meraih predikat Talenta Juara.
Program Talenta Juara akan berlangsung mulai September - November 2020 dan
dapat diikuti oleh milenial di seluruh wilayah Indonesia. Pijar Mahir menjadi
Direktur Digital Business Telkom, Muhamad Fajrin
Rasyid mengatakan, “Telkom percaya bahwa memiliki talenta yang unggul dan
berdaya saing adalah kunci dalam percepatan pembangunan, sejalan dengan arah
kebijakan pembangunan nasional yang menjadikan sumber daya manusia sebagai
fokus utama.
Platform pelatihan digital Pijar Mahir ini menjadi
wujud dukungan Telkom dalam mengembangkan talenta digital Indonesia yang
mumpuni serta mampu memanfaatkan teknologi untuk membawa dampak positif bagi
pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia.”
Sementara itu, CEO MilenialFest Danial Iskandar
mengapresiasi upaya konkret dalam mendukung peningkatan kualitas talenta dari
Telkom melalui Pijar Mahir.
“MilenialFest terus berupaya mengurangi kesenjangan
talenta digital antar daerah. Kami merasa bangga dapat terlibat dalam
kolaborasi ini. Apresiasi tinggi kami berikan kepada Telkom yang mendukung
program Talenta Juara melalui platform pembelajaran digital Pijar Mahir,”
ungkap Danial Iskandar.
Dalam kegiatan Millennial Class, Pijar Mahir telah
menyiapkan enam materi yang dibawakan oleh para mentor berpengalaman dan
memiliki kompetensi di bidangnya masing-masing.
Materi disusun dalam tiga kategori sesuai fokus
kemampuan yang dapat dipilih para peserta, seperti Business Model Canvas dan
Lean Start Up yaitu kemampuan yang biasanya dimiliki Chief Executive Officer
(CEO) dan diperuntukkan bagi peserta yang memilih kategori hustler.
Materi HTML Concept dan Basic UI/UX yaitu
kemampuan yang umumnya dimiliki Chief Technology Officer (CTO) bagi peserta
yang memilih kategori hacker dan materi Branding dan Digital Marketing yaitu
kemampuan yang biasanya dimiliki Chief Marketing Officer (CMO) bagi peserta
yang memilih kategori hipster.
Millennial Class dapat diikuti oleh 2000 peserta
terpilih yang kemudian akan diseleksi 400 peserta untuk mengikuti program
Bootcamp.
Materi Millennial Class dapat diakses di situs
https://pijarmahir.id/milenialfest dengan jadwal untuk Jawa dan Bali pada 16-18
September, Sumatera pada 7-9 Oktober, Kalimantan dan Sulawesi pada 21-23
Oktober, selanjutnya diakhiri dengan wilayah Maluku, Nusa Tenggara dan Papua
pada 11-13 November.
Saat ini Pijar Mahir telah bekerja sama dengan lebih
dari 20 lembaga terbaik untuk menghadirkan beragam topik pelatihan mulai dari
teknologi, digital, marketing, dan bisnis, start-up, wirausaha, dan masih
banyak pelatihan lainnya yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi tenaga
kerja Indonesia di bidang teknologi.
Selain itu, seluruh pengguna Pijar Mahir juga dapat
menikmati paket kuota gratis Telkomsel Ilmupedia sebesar 30 GB untuk
pembelajaran di situs Pijar Mahir.(Ter)