Vice President Corporate Communication Telkom, Arif Prabowo |
Jakarta.Internationalmedia.id.- PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) hingga saat ini masih terus mempercepat upaya pemulihan layanan baik mobile maupun fixed broadband pasca kebakaran di Sentral Telepon Otomat (STO) Pekanbaru Centrum.
Sejak Selasa tengah malam hingga Rabu dini hari,
layanan mobile Telkomsel untuk area Sumatera telah pulih 100% dan kembali
normal kecuali area Kota Pekanbaru.
Proses pemulihan berhasil dilakukan dengan
pengalihan trafik melalui by pass sistem transmisi backbone broadband di
Pekanbaru, memanfaatkan redundant system yang ada yakni 7 titik NGN di Sumatera
dengan 2 sistem transmisi backbone di darat dan 3 sistem backbone kabel laut.
Dengan adanya system redundant ini memungkinkan proses pemulihan layanan dapat
dilakukan lebih cepat.
Khusus untuk layanan Telkomsel dan IndiHome area
Pekanbaru masih terus diupayakan pemulihannya melalui proses re-engineering
jaringan sehubungan dengan terdampaknya perangkat di lokasi STO. Hingga saat ini layanan Telkomsel dan
IndiHome di Pekanbaru secara bertahap berangsur pulih.
“Kami menyampaikan permohonan maaf kepada para
pelanggan khususnya yang terdampak atas ketidaknyamanan ini. TelkomGroup akan
terus mengupayakan percepatan perbaikan layanan sehingga pelanggan dapat
kembali menggunakan layanan seperti sediakala,” ujar Vice President Corporate
Communication Telkom, Arif Prabowo di Jakarta (12/8).
Peristiwa kebakaran di STO Pekanbaru Centrum terjadi
pada Selasa, 11 Agustus 2020 sekitar pukul 15:00 WIB dan api berhasil
dipadamkan pada pukul 15:51 WIB.
Kebakaran yang diduga berasal dari ruangan perangkat ini masih
ditelusuri lebih lanjut penyebabnya. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.
“Kami sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang
telah membantu pemadaman dan pemulihan serta kepada pelanggan yang senantiasa
setia pada layanan TelkomGroup,” tutup Arif. (Lys).