Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah (kiri) saat menerima penghargaan Bintang Jasa Nararya yang diserahkan langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (kanan) di Jakarta, |
Jakarta.Internationalmedia.id.- Direktur Utama PT
Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom), Ririek Adriansyah menerima
penganugerahan Bintang Jasa Nararya yang diserahkan langsung oleh Presiden
Republik Indonesia, Joko Widodo.
Penganugerahan tanda jasa yang diselenggarakan
Kementerian Sekretariat Negara ini tak lepas dari pencapaian TelkomGroup dalam
mewujudkan kedaulatan negara melalui telekomunikasi dengan menghadirkan layanan
fixed dan seluler secara masif di wilayah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal
(3T).
Membangun infrastruktur telekomunikasi internasional
yang menghilangkan ketergantungan Indonesia pada negara tetangga, sehingga
seluruh lapisan masyarakat Indonesia memiliki kesempatan yang sama terhadap
akses informasi serta menjadi lokomotif digitalisasi bangsa guna menggerakkan
perekonomian digital Indonesia.
Dengan kapabilitas yang dimiliki sebagai BUMN
telekomunikasi, TelkomGroup menghadirkan konektivitas ke seluruh Indonesia
hingga pelosok melalui program Indonesia Digital Network.
Telkom membangun infrastruktur telekomunikasi di
darat, laut, dan udara melalui penggelaran infrastruktur backbone digital yang
menghubungkan Sabang sampai Merauke, pembangunan jaringan akses digital bagi
seluruh lapisan masyarakat, serta satelit untuk menjangkau daerah pelosok.
Telkom melalui Telkomsel sampai dengan Mei 2019
telah berhasil membangun secara masif layanan seluler melalui pembangunan
11.719 Base Tranceiver Station (BTS) Merah Putih di wilayah 3T yang mencakup
1.792 desa di 284 kabupaten.
Selain itu, layanan fixed broadband IndiHome juga
hadir untuk mendukung masyarakat dalam mengakses informasi dan memperoleh
konten yang berkualitas. Saat ini IndiHome telah hadir di 496 kota dan melayani
lebih dari 7,45 juta pelanggan.
IndiHome secara kontinyu memperluas dan memperkuat
jaringannya hingga pulau terluar. Salah satunya, IndiHome secara resmi hadir di
Pulau Rote yang dikenal sebagai salah satu titik terluar di Indonesia, ditandai
dengan peluncuran layanannya di Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur pada
September 2019.
Dengan semangat Telkom menghadirkan pemerataan akses
telekomunikasi dan informasi, layanan fixed broadband dan seluler dapat
dinikmati mulai dari yang tinggal di kota besar hingga yang berada di kawasan
3T pun dapat merasakan manfaatnya dan memperoleh akses informasi yang sama
porsinya.
Tak cukup dengan membangun infastruktur domestik,
TelkomGroup juga secara aktif turut serta dalam pembangunan infrastruktur
telekomunikasi internasional, sehingga bangsa ini dapat lepas dari
ketergantungan negara tetangga, memiliki kemandirian, dan kedaulatan terhadap
akses informasi dan telekomunikasi global, serta menyejajarkan Telkom dengan
operator telekomunikasi global dan menjadi operator dominan di kancah regional.
Dengan landasan inilah selanjutnya menjadikan
TelkomGroup sebagai Global Digital Hub, yang mampu menghubungkan Eropa, Asia
hingga ke Amerika.
TelkomGroup juga melakukan ekspansi bisnis
internasional dengan keberadaan kantor perwakilan di 9 negara guna memberikan
kemudahan bagi masyarakat Indonesia yang berada di mancanegara.
Memasuki tahun 2020, Telkom tengah gencar
bertransformasi menjadi perusahaan telekomunikasi digital dengan visi menjadi
digital telco pilihan utama untuk memajukan masyarakat, sehingga dapat mewujudkan
bangsa Indonesia yang lebih sejahtera dan berdaya saing.
Sejalan dengan transformasi ini, perusahaan
mencanangkan untuk fokus pada 3 domain bisnis digital, yakni digital
connectivity, digital platform, dan digital services.
Bisnis digital di satu sisi mendisrupsi berbagai
hal, namun di sisi lain membuka banyak peluang yang dalam skala besar dapat
memberikan dampak positif bagi kemajuan bangsa.
Dengan digitalisasi kita mampu melakukan lompatan
untuk mengejar ketertinggalan dari bangsa lain dengan lebih cepat dan mampu
menjangkau masyarakat di berbagai pelosok daerah, baik di sektor pendidikan,
kesehatan, layanan keuangan maupun sektor lainnya sehingga membawa Indonesia
menjadi lebih maju dan sejahtera.
Telkom akan terus memperkuat posisinya sebagai
market leader pada digital connectivity, mengakselerasi layanan digital
platform dan mengembangkan digital service secara selektif.
Dengan fokus pada program-program digitalisasi,
Telkom siap mendukung Indonesia hadir sebagai negara yang mandiri dengan
kedaulatan telekomunikasi serta menjadi kekuatan ekonomi digital terbesar di
Asia Tenggara di tahun 2025 nanti.
“Terima kasih kepada Bapak Presiden beserta jajaran
Sekretaris Negara atas apresiasi yang diberikan. Penghargaan ini tentunya
merupakan kehormatan bagi TelkomGroup.
Terima kasih atas dukungan dan kepercayaan dari
manajemen dan karyawan TelkomGroup, rekan-rekan di asosiasi telekomunikasi,
investor, regulator dan stakeholder lainnya.
Apresiasi ini menjadi motivasi bagi TelkomGroup
untuk terus bergerak maju sebagai lokomotif digitalisasi dan memberikan
dedikasi yang terbaik bagi industri telekomunikasi, bangsa dan negara,”
demikian ungkap Ririek.(Ter)