Deliserdang.Internationalmedia.id.-
Bandara Internasional Kualanamu (KNIA= Kualanamu International Airport) di
Deliserdang-Sumut, menambah fasilitas layanan bagi pengguna jasa
kebandarudaraan dalam masa adaptasi kebiasaan baru menuju masyarakat produktif
dan aman dari Covid-19, tanpa kontak fisik antara petugas dan pengguna jasa.
Excutive General
Manager PT Angkasa Pura II (Persero) Kualanamu, Djodi Prasetyo dalam siaran persnya,
Minggu (21/6/2020) menyebutkan, PT Angkasa Pura II Kualanamu menambah fasilitas
untuk memberikan pengalaman perjalanan (customer journey) yang aman dan
menyenangkan.
Fasilitas itu di
antaranya, di terminal Kualanamu telah dilengkapi pedal atau tombol kaki untuk
mengakses lift, sehingga pengguna jasa dapat menekan tombol dengan alas kaki
bukan dengan tangan untuk menghindari sentuhan langsung dari orang lain ke
tombol lift.
Body inspection
machine/body scanner (mesin inspeksi tubuh), untuk memeriksa penumpang tanpa
bersentuhan (touchless) dengan petugas di security check point 2. Mesin itu
memeriksa penumpang apakah masih membawa barang tersembunyi yang diinformasikan
di layar monitor.
Masyarakat kini dapat
bertanya dan mendapatkan berbagai informasi serta layanan melalui Virtual
Customer Asistant (VICA) menggantikan customer assistant secara fisik, melalui
situs www.angkasapura2.co.id.
Pada X-ray bagasi telah
dipasang UV Sterilizer (alat sterilisasi) guna menghilangkan virus, bakteri dan
kuman pada setiap pegangan (handrail).
Di seluruh terminal
telah terpasang mesin hand sanitizer otomatis sama dengan wastafel otomatis.
Pengguna hanya meletakkan tangan dibawah keran, lalu hand sanitizer atau air
akan mengalir secara otomatis.
Guna mempermudah
penumpang melalukan regitrasi dan mengungah dukumen untuk mendapatkan
pre-clearance berupa QR Code di smarphone atau gadget pengguna jasa, masyarakat
bisa mengunggah dokumen melalui aplikasi travelation (perjalanan) dengan
mengakses https://travelation.angkasapura2.co.id. (*).