Notification

×

Iklan

Iklan

Sudah 90 Jenazah Dimakamkan Sesuai Protokol Covid-19 di TPU Simalingkar B Medan

Jumat, 15 Mei 2020 | 11:51 WIB Last Updated 2020-05-15T04:51:13Z


Medan.Internationalmedia.Id.-Sudah 90 jenazah dimakamkan di TPU Simalingkar B Medan sesuai protokol Covid-19.

Semua jenazah tersebut ada yang positif terinfeksi Covid-19 dan ada berstatus pasien dalam pantauan (PDP).

Hal itu disampaikan Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Sumut, dr Aris Yudhariansyah MM melalui paparannya terkait update terkini perkembangan covid-19 di Sumut di Kantor Gubernur Sumut, Jalan Diponegoro Medan, Kamis (14/5) sore.

Dikatakan, Pemko Medan menetapkan TPU Simalingkar yang berlokasi di Kelurahan Simalingkar B Kecamatan Medan Johor sebagai tempat dimakamkannya jenazah terkait covid-19.

Namun pada awal penetapan, sempat terjadi penolakan dari masyarakat sekitar. Penolakan itu tak lama berlangsung setelah ada dialog dan komunikasi oleh Pemko Medan dengan masyarakat setempat.

Selain di Simalingkar ada juga jenazah yang sama yang dimakamkan di pekuburan kabupaten/kota di Sumut. Adapun jumlah total PDP yang meninggal di Sumut sebanyak 85 orang. Lalu pasien positif terinfeksi covid-19 yang meninggal di Sumut sebanyak 24 orang. Mereka berasal dari sejumlah daerah di Sumut.

Dia mengatakan, berdasarkan defenisi yang dikeluarkan oleh Badan Kesehatan Dunia atau WHO, pasien yang meninggal dalam masa penanganan covid-19, maka disebut sebagai kematian covid-19 walaupun berstatus ODP maupun PDP. Untuk itu, bukan hanya pasien positif yang harus mengikuti protokol pemakaman covid-19, tetapi juga yang berstatus ODP maupun PDP.
Hal ini, kata dia, untuk menjawab masyarakat yang bertanya terkait pemindahan jenazah pasien yang terlanjur dimakamkan dengan protokol covid-19, namun belakangan hasil swab yang keluar negatif.

Dijelaskan bahwa saat ini tim epidemilogi Gugus Tugas Sumut sedang melakukan langkah-langkah untuk pemeriksaan khusus daerah-daerah yang diduga sebagai episenter penyebaran Covid-19 di Sumut.

Dalam waktu dekat, kita juga akan melakukan tes massal di daerah-daerah episenter tersebut. Kami harap kerja sama semua masyarakat Sumut untuk tetap tenang, sehingga semua bisa berjalan dan kita laksanakan sesuai protokol kesehatan dan penanganan Covid-19, tambahnya.

Sementara itu, hasil swab atas 51 tenaga kesehatan warga Tapanuli Utara yang diperiksa di laboratorium PCR (Polymerase Chain Reaction) Rumah Sakit Universitas Sumatra Utara (RS USU) dinyatakan negatif atau tidak menderita penyakit covid-19.

Sementara hasil 8 tenaga kesehatan lainnya, masih menunggu hasil pemeriksaan. Hasil swab 51 orang itu juga telah disampaikan kepada Pemkab Taput.

Menyinggung soal jaring pengaman sosial. Saat ini, Pemprov Sumut secara bertahap sudah mulai menurunkan bantuan lebih kurang 1,3 juta paket yang disiapkan dan mulai disalurkan melalui Pemkab/Pemko di Sumut.

Terakhir, disampaikan update terbaru terkait data pasien terpapar Covid-19 di Sumut. Di antaranya pasien ODP berjumlah 587 orang, PDP sebanyak 184 orang, pasien positif 202 orang, sembuh 53 orang dan meninggal 24 orang. Sedangkan sehari sebelumnya pasien positif 200 orang, PDP 162 orang, sembuh 52 orang dan meninggal 24 orang.

Pasien positif masih memperlihatkan peningkatan. Untuk itu, tak henti-hentinya kami berpesan agar disiplin dalam melaksanakan protokol kesehatan khususnya mencuci tangan dan pakai masker. Ini menjadi gaya hidup baru yang harus kita pertahankan seterusnya,katanya mengakhiri.(Mar)



×
Berita Terbaru Update