Notification

×

Iklan

Iklan

Andaliman, Ulos Dijadikan Nama Merek Beras Produksi Sumut

Senin, 18 Mei 2020 | 10:29 WIB Last Updated 2020-05-18T09:43:41Z
Medan.Internationalmedia.Id.-Saat memperingati HUT ke 53, Senin pekan lalu, Perum Bulog Sumatra Utara, melaunching diberinya nama-nama atau merek beras produksi Sumatra Utara.

Ada 6 merek beras yang menunjukkan nama-nama khas yang ada di Sumatra Utara yakni, Andaliman (sejenis rempah-rempah untuk bumbu makanan Raja-raja Batak), Danau Toba yakni danau di Sumut, Bukit Barisan (nama daerah pegunungan yang membentang sepanjang Sumut), Horas Hita (ucapan khas suku Batak), Ulos (ciri khas tenunan milik orang Batak) dan Dua Kuala (2 tempat di Sumut).

Perum Bulog Kanwil Sumut memberi nama-nama beras jenis premium dan medium produksi daerah ini dengan nama buah, danau, gunung dan tenunan serta salam orang Sumut.

Kepala Perum Bulog Kanwil Sumut Arwakhuddin Widiarso menyatakan, diberinya nama-nama/merek beras itu agar lebih familiar dan lebih khas dan menunjukkan nama-nama yang ada di daerah Sumut.

Menurutnya, saat ini belum semua jenis beras tersebut diproduksi, karena masih tahap proses untuk memberikan beras yang baik dan berkualitas.

Namun saat ini produksi beras merek Bukit Barisan sudah disalurkan sebagai beras bantuan kepada masyarakat terdampak Covid-19 oleh Pemkab Deliserdang yang membelinya dari Bulog Sumut.

"Mudah-mudahan dalam waktu dekat Perum Bulog Kanwil Sumut sudah dapat memproduksi 6 merek beras tersebut dan memperkenalkannya kepada warga Sumut," tambahnya.

Enam merek beras  sudah dilaunching saat HUT ke-53 Bulog di Medan tanggal 11 Mei 2020 di Kantor Bulog, Jalan Gatot Subroto Medan.

Kegiatan hanya diikuti internal dan kalangan terbatas yaitu karyawan/karyawati, jajaran SPI Regional I Medan. Selain itu, perwakilan KC Medan, dengan berbuka puasa bersama Ramadan 1441-H. Pembatasan dilakukan untuk menghindari keramaian seperti anjuran pemerintah pada masa pandemi Covid-19 saat ini.

Di acara syukuran dan berbuka puasa bersama itu, peserta tetap diwajibkan memakai masker dan penerapan social physical.(Mar)

×
Berita Terbaru Update